Sintang -  Hari ini, Kamis (29/3) Kantor Kementerian agama Kabupaten Sintang melaksanakan tes rekrutmen petugas haji 1439H/2018M.yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Sintang didampingi oleh Kepala Sub. Bagian tata Usaha, Plt, Kasi Haji dan Umrah, Kasi  Bimas Islam, Penyelenggara Syari’ah,  Penyelenggara Kristen dan Katolik dan diikuti sebanyak 10 orang peserta.

Plt. Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Nurhadi, S. HI selaku panitia pelaksanaan  dalam sambutannya menyampaikan sesuai  dengan UU No. 13 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Haji khususnya pasal 11 ayat 1 dan 2 bahwa pada hari iniKantor Kementerian Agama Kabupaten / Kota seluruh Indonesia secara serentak menyelenggarakan tes rekrutmen petugas haji tahun 1439 H/ 2018 M . Rekrutmen ini dilakukan untuk menjaring petugas Kloter yang menyertai jemaah maupun petugas non kloter yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji ( PPIH ) Arab Saudi.

Beliau juga menyampaikan bahwa tes rekrutmen tahun ini agak berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya dimana pada tingkat Kantor Wilayah akan dilakukan secara online dan menggunakan Sistem Computer Assisted Tes ( CAT ) dengan menggunakan Smartphone berbasis Android, karena peserta langsung mengerjakan ujiannya dilayar Hp nya masing- masing. Hal ini dilakukan untuk menjaring petugas – petugas yang memiliki kompetensi , baik dari sisi ibadah maupun dari sisi regulasi secara transparan dan akuntabel berdasarkan hasi CAT dan selanjutnya peserta akan diuji kembali untuk mengukur pemahaman dan pengalaman sesuai bidang tugas masing – masing.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan menyiapkan petugas lebih awal sehingga diharapkan dapat menjaring petugas yang memiliki komitmen pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jemaah sebagai tugas utamanya selamah pelaksanaan ibadah haji dan diharapkan juga petugas tersebut dapat memenuhi harapan jemaah untuk dapat menjalankan ibadahnya secara baik dan benar sesuai dengan syarat dan rukun haji guna mencapai haji yang mabrur.

Sementara  itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang dalam amanatnya menyampaikan kepada seluruh peserta.  Dan beliau berpesan bahwa, tes ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut amanat yang di berikan kementerian agama pusat. Kepada peserta yang mengikuti di harapkan dapat mengerjakan seluruh soal  dengan baik, agar mendapatkan nilai yang maksimal, pinta Kakankemenag.

Peserta yang mengikuti Tes Rekrutmen Petugas Haji Kantor Kementerian Agama kabupaten Sintang sebanyak 10 orang peserta yang terdiri dari TPIHI 1 orang (Kloter) dan 9 orang Non Kloter yaitu pelayanan ibadah 1 orang, pelayanan umum 8 orang

Selanjutnya H. Junaidi, S. Kom Staf Bidang PHU Kanwil Kemenag Priov. Kalbar  menyerahkan naskah soal yang terbungkus amplop kepada  panitia pelaksana tes H.Nutrhadi, S. HI yang disaksikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang, Kepala Sub. Bagian tata Usaha serta seluruh Undangan dan peserta yang hadir.

Tes  pada hari ini merupakan ujian kompetensi tahap awal, bagi  mereka yang dinyatakan lolos segera mengikuti tes di tahapam dua yang pelaksanaanya di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2018 mendatang. ( Akil, Sintang )

Berita: