Bengkayang – Sebanyak 145 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Bengkayang mengikuti Sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB GPAI) dan Pemetaan Kompetensi (PK Online) Mandiri. Kegiatan yang digelar oleh panitia bersama pengurus MGMP PAI SMA/SMK, MGMP PAI SMP dan KKG PAI SD Kabupaten Bengkayang ini berlangsung pada Sabtu (29/9), di SMK Negeri 1 Bengkayang. Menghadirkan Master Trainer PPKB GPAI dan PK Online Kemenag RI, Hayatunupus, S.Ag, M.Pd. Acara dibuka langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kab. Bengkayang, Uyung Yuliza, S.Pd.I.

Pada kesempatan itu, Kasi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Kab. Bengkayang, Uyung Yuliza, S.Pd.I, mengatakan bahwa PPKB GPAI dan PK Online merupakan salah satu program Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan yang diorientasikan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru secara berkelanjutan.

“Tujuan diadakannya PPKB GPAI dan PK Online itu sendiri adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional guru yang dilaksanakan berjenjang, bertahap dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kinerja guru,” ungkapnya.

Lebih lanjut dihadapan seluruh peserta sosialisasi PPKB GPAI dan PK Online mandiri, Hayatunupus mengatakan bahwa guru PAI idealnya harus memiliki enam kompetensi. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 211 Tahun 2011. Kompetensi yang dimaksud meliputi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, Profesional, Spiritual dan Leadership (PKSPSL). Keenam kompetensi tersebut harusnya dimiliki oleh seluruh guru PAI, timpalnya.

“Untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimiliki guru PAI, maka perlu melakukan pemetaan kompetensi melalui PK Online. Hasil dari PK Online bisa diketahui dari kompetensi yang dimiliki dan bisa ditindaklanjuti dengan mengikuti pelatihan-pelatihan. Yakni pelatihan Pedagogik, Kepribadian, Sosial, Profesional, Spiritual maupun Leadership,” jelasnya.

Sementara itu, Sulisman, S.Pd.I selaku ketua panitia penyelenggara kegiatan Sosialisasi PPKB GPAI dan PK Online Mandiri, memastikan peserta yang mengikuti PK Online sebanyak 145 guru PAI yang terdiri dari guru PAI PNS maupun Non PNS, yang sudah sertifikasi maupun non sertifikasi sangat antusias, mereka juga diharuskan membawa laptop serta hasil rekap Evaluasi Diri (Evadir). (s2p/bky)

Berita: