Kubu Raya. Dua siswa Madrasah Aliyah Raudhatul Ulum Meranti berhasil lolos Seleksi Daerah Kompetisi Matematika (Selekda Komet) ke 14 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Himatika FMIPA) Universitas Tanjungpura pada hari Sabtu (27/01) bertempat di Aula Kantor Bupati Kubu Raya.

Dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut diikuti oleh 109 peserta yang berasal dari 19 SMA/MA/SMK yang ada di Kabupaten Kubu Raya. Dari 109 peserta tersebut diambil 10 peserta dengan nilai tertinggi dan berhak melaju ke tingkat propinsi yang akan diselenggarakan pada bulan April mendatang.

Kedua siswa tersebut adalah Sait Abdul Latif yang menempati peringkat ke 5 dan Romlatussyfa menempati peringkat ke 6. Di atas mereka ada Friesen Tjou Jazernicky dari SMA Tunas Bangsa yang menempati peringkat pertama, disusul M. Arial Islami Ilham dari SMKN 1 Sungai Kakap sebagai peringkat 2, lalu Fajar Utomo dari SMA Taman Mulia, dan Dea Fitri Handayani dari MAN Kubu Raya sebagai peringkat 4. Sedangkan di peringkat 7 diraih oleh Riska Sari Amelia dari MAS Al Ikhlas, disusul Cici Prasuci dari SMAN 1 Sungai Kakap sebagai peringkat 8, lalu Herwansyah dari SMAN 1 Sungai Kakap sebagai peringkat 9, dan Fitri Suryani dari SMAN 1 Rasau Jaya sebagai peringkat 10. 

Di babak selanjutnya yakni di seleksi tingkat propinsi mereka akan berkompetisi melawan 10 perwakilan dari tiap-tiap kabupaten/kota yang juga telah lolos seleksi tingkat daerah. Badrultamam Rosdi, M.Pd selaku kepala madrasah menyampaikan rasa syukurnya karena 2 siswa yang diutusnya berhasil lolos ke tahap final. “Alhamdulilah, meski anak-anak kami dari Jurusan IPS masih bisa lolos dan menyisihkan mereka yang dari Jurusan IPA dari sekolah dan madrasah lain” ungkapnya. Dirinya tidak berharap muluk-muluk dari siswanya di tingkat propinsi nanti mengingat saingannya pasti lebih berat dari sebelumnya. “Dari pengalaman sebelumnya bisa dipastikan pesertanya sebagian besar adalah siswa Jurusan IPA. Jadi, harapannya tidak muluk-muluk, dengan persiapan maksimal cukup ikuti kegiatan dengan maksimal, hasilnya serahkan pada Allah, itu saja,” ucap Badrultamam. (slm.mankr)