Selasa, 20 Agustus 2019, 13:45 andre

Sebanyak 56 peserta terdiri dari 28 pasang mengikuti bimbingan perkawinan (Bimwin) pra nikah bagi calon pengantin (Catin) di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sekadau dibuka oleh kepala kantor diwakili kasubbag TU H.Suprapto. Peserta berasal dari kecamatan sekadau hilir 21 pasang, sekadau hulu 7 pasang calon pengantin.

Kasi Bimas Islam kemenag sekadau Muslimun ditemui Senin (19/8/2019),"bimbingan perkawinan bagi calon pengantin untuk memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga, artinya catin tidak hanya memahami sebatas suami istri. Namun juga bisa mengkondisikan keluarga,saling bahu membahu antara suami istri. 

Dalam  bimtek pra nikah disebut mubadallah, kesalingan, antara suami istri saling kerjasama, Muslimun mencontohkan manusia adalah mahluk ciptaan Allah, sebagai khilafah di muka bumi, bersama-sama menjaga bumi ini supaya aman, tentram, damai, saling kerjasama. "Suami tidak hanya sebagai kepala rumah tangga, namun harus ada kerjasama antara kedua pihak," timpalnya.

"Dengan kegiatan pasangan pra nikah diharapkan nanti semua calon pengantin ini mengetahui bahwa tujuan menikah adalah sama, yakni membentuk keluarga samawa (sakinah mawahdah warohmah), sehingga diberikan pembekalan pranikah," ucapnya. 

Hadir sebagai pengawas pelaksanaan bimwin bagi catin, Nursahid kasi kepenghuluan bidang urais binsar di kanwil kemenag kalbar. Narasumber pada acara yang digelar 14-16 Agustus diantaranya Kasubbag TU H.Suprapto, dinas kesehatan, kemudian fasilitator yang terbimtek atas nama Hj.Eni Kurniati penyuluh fungsional kota pontianak dan Muslimun kasi bimas islam kemenag sekadau. (Andre)