SINTANG - Keluarga Besar Kemenag Sintang menggelar acara pelepasan purna tugas Kepala Kantor Kemenag Sintang H Abdul Aziz AL dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kantor Kemenag Kabupaten Sintang Periode 2013-2017 Hj Fitri Rahmi Aziz di Aula Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sintang, Jalan Stadion Baning, Desa Baning Kota, kamis (27/4/2017) Siang. 

Bupati Sintang Jarot Winarno turut hadir dalam acara pelepasan dan syukuran yang dirangkai dengan syukuran atas selesainya pendidikan S3 Program Doktor yang ditempuh oleh Abdul Aziz di Universitas Merdeka Malang. 

Dalam acara syukuran itu, H Abdul Aziz AL mengucap syukur bisa menjalankan tugas dengan lancar selama bertugas di Kabupaten Sintang

"Saya empat tahun tugas di Sintang. Alhamdulillah, suasana kekerabatan dan kekeluargaan masyarakat Sintang cukup baik," ungkapnya saat diwawancarai usai acara. Aziz mengapresiasi kehidupan beragama masyarakat Kabupaten Sintang.

Enam agama berbeda dapat menjalin kerjasama yang baik dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. "Kabupaten Sintang adalah wilayah kondusif, aman, tertib dan damai. Pemerintah, khususnya Kemenag Sintang sangat terbantu. Kami dapat jalankan fungsi dan tugas dengan baik," katanya. 

Aziz juga berterimakasih dengan sambutan dari berbagai masyarakat dan tokoh lintas agama yang selalu menyambut positif dan memberikan pelayanan sepenuh hati saat dirinya berkunjung ke daerah. 

"Selaku Kepala Kantor Kemenag, saya tidak membedakan agama. Ketika diundang saya akan hadir. Masyarakat semua umat beragama menyambut dengan setulus hati dan tidak ada perbedaan," ujarnya. 

Ke depan, Aziz berharap pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dapat bekerjasama secara maksimal dan pertahankan kehidupan harmonis di Sintang. 

"Situasi yang aman dan damai ini harus ditingkatkan dan dijaga. Adanya ajaran agama dan potensi umat beragama harus dikelola dengan baik dalam semangat kebersamaan. Kita jadikan energi besar ini untuk pembangunan Pemkab Sintang," ajaknya. 

Kepada Kepala Kantor Kemenag Sintang yang baru, Aziz berharap bisa berbuat dan berkarya lebih baik dari Kepala Kemenag sebelum-sebelumnya. “Saya berharap lebih baik ke depan. Namun, tidak tahu sampai saat ini siapa yang menggantikan saya. Karena ini kebijakan orang diatas sana,” jelasnya.

Aziz mengatakan masih banyak yang harus dibenahi dan menjadi program prioritas Kemenag Sintang. Satu diantaranya adalah penyelenggara pendidikan bagi agama Hindu, Budha dan Konghucu.

“Kalau Sintang paling banyak adalah pendidikan agama Islam seperti Pendidikan Pesantren, Madrasah, dan Diniyah. Kemudian pendidikan agama Kristen dan Katolik. Untuk pendidikan Hindu, Budha dan Konghucu hingga kini belum ada penyelenggaraannya. Namun, bukan kemustahilan akan ada ke depan,” pungkasnya. (Akil_Sintang)

Berita: