Sejak pagi hari Kamis, 18 Mei 2017 para undangan yang terdiri dari para wali murid siswa  kelas IX, OSIS SMP, Kepala SD dan MIN yang ada di Nanga Pinoh menghadiri acara perpisahan kelas IX MTsN Nanga Pinoh.

Tampak diantara para undangan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H.Rohadi Fauzi, S.Ag. M.Si dan pejabat eselon IV Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi yakni Kasi Pendis H. Aan Subakir,S.Ag.M.Si dan Pengawas Madrasah Bapak Sudirman, S.Ag. Keluarga Besar MTsN Nanga Pinoh sangat bahagia Bapak/Ibu wali murid, Kepala SD/MI dan para pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi berkenan hadir memenuhi undangan dari Kepala MTsN Nanga Pinoh.

Cuaca yang sangat mendukung kelancaran acara pada pagi itu.Kegembiraan terpancar dari segenap pendukung acara. Mulai dari qori'ah yakni Endang Purwaningsih yang merupakan juara III MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Bengkayang.Para penari membawakan tarian padang, tarian dayak, tarian kun ali dengan sangat selaras.

Para penyanyi melantunkan lagu yang enerjik dan ceria. Para siswa tampil dengan penuh percaya diri dihadapan para tamu undangan. Meski baru pertama tampil di depan publik, namun tak tampak demam panggung diwajah mereka. Suasana yang santai dan kekeluargaan membuat semua menjadi cair dan mengalir, sehingga setiap penampilan dapat dinikmati semua pihak, mulai dari pembimbing, pelatih, penonton bahkan oleh siswa itu sendiri. Berasa seperti dipanggung Academy yang sering ditayangkan di televisi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi menyampaikan sambutan bahwa pentingnya pendidikan berbasis agama. Sebab di masa yang akan datang keterampilan tersebut berguna untuk bekal hidup dimasyarakat. Beliau menambahkan bahwa Melawi perlu berbangga karena saat ini telah memiliki MAN Negeri. Oleh karena itu beliau menghimbau para orang tua untuk dapat memasukkan anaknya ke MAN Melawi. Pendidikan berkarakter sangat digalakkan pemerintah. Beliau menuturkan bahwa para siswa harus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, minimal S1,karena hampir semua lapangan pekerjaan mensyaratkan pendidikan S1 sebagai kualifikasi minimal mereka. Beliau mengungkapkan line today, better tomorrow.

Sebagai tambahan, Kasi Pendis memberikan hadiah untuk siswa/i yang dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi. Suasana bertambah ceria dan hangat dengan penampilan para siswa.

Dalam sambutannya Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Nanga Pinoh menyampaikan pentingnya pendidikan akhlak bagi generasi muda. Menurut beliau menuntut ilmu pengetahuan membutuhkan waktu dua puluh tahun, sedangkan pendidikan akhlak butuh waktu yang cukup lama yaitu empat puluh tahun. Beliau berharap siswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Alhamdulillah seluruh rangkaian acara terselenggara dengan baik.Acara ditutup dengan pembacaan do'a oleh Ketua Panitia Nandar, S.Ag. Suasana penuh haru dan syukur. Terimakasih atas partisipasi semua pihak yang telah mendukung suksesnya acara tersebut.(Okta_MTsN Melawi)