BENGKAYANG_Selasa (3/10) Ada agenda baru yang dilaksanakan diawal bulan Oktober ini dari DWP Kemenag Bengkayang yaitu Pemeriksaan Kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini berdasarkan sampel dari darah dari masing-masing orang yang bersedia untuk diambil darahnya. Darah yang akan diambil sampelnya nanti akan diperiksakan ke Laboratorium yang ada di RSUD Bengkayang.

Agenda baru ini mendatangkan langsung petugas dari RSUD Bengkayang di Kantor Kemenag Bengkayang untuk mengambil sampel darah yang akan diperiksa. Kegiatan pemeriksaan darah ini mendapat respon positif dari ASN yang ada. Hal tersebut terbukti dari banyaknya ASN Kemenag Bengkayang yang mengantre untuk diperiksakan keadaan kesehatan tubuhnya melalui pemeriksaan darah di laboratorium. Total ASN yang memeriksakan darahnya dengan sukarela ada 14 orang.

Proses pengambilan sampel darah pun tidak lama, tidak lebih dari 10 menit per orang. Proses ini bagi beberapa orang ASN bukanlah proses yang mudah, sebab ada yang takut melihat darah dan jarum suntik, dan ada juga yang berjuang melawan rasa nyeri pada saat diambil sampel darahnya. Darah yang telah diambil kemudian dimasukkan ke dalam tabung kecil khusus dan kemudian diberi nama masing-masing.

Adapun hasilnya pemeriksaaan kesehatan akan segera dikeluarkan paling lambat esok hari. Dari sampel darah yang ada maka yang akan diperiksakan di Laboratorium adalah gula darah sewaktu, kolesterol dalam darah, trigliserida, HDL, LDL, dan asam urat. Menurut Ketua DWP Kemenag Bengkayang, melihat respon yang positif dari kegiatan hari ini, kedepannya akan kita adakan lagi kegiatan yang serupa. (Akhzari)

Berita: