Sejak pagi hari Senin 11 September 2017, hujan mengguyur kota Nanga Pinoh.Bumi seakan menangis karena hari ini salah satu guru terbaik MTsN Nanga Pinoh akan mutasi ke Kab.Bojonegoro Jawa Timur. Sukron Ma'mun.S.Pd.I, guru bidang studi fiqih, seni budaya, waka kurikulum yang multi talenta.

Setiap ada pertemuan tentu akan ada perpisahan. Sejak 3 Januari 2011 beliau bergabung di keluarga besar MTsN Nanga Pinoh, memperkuat barisan guru yang mendidik para siswa dalam bidang fiqih dan seni musik serta tilawah.

Tak terasa kebersamaan 6 tahun 9 bulan itu harus dipisahkan oleh jarak dan ruang karena SK mutasi beliau ke MIN Kepatihan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur per 1 September 2017 lalu terbit.

Dengan berat hati MTsN Nanga Pinoh melepas guru terbaiknya. Guru yang punya dedikasi tinggi dan memberi kontribusi terbaik untuk kemajuan Madrasah Tsanawiyah Negeri Nanga Pinoh. Sosok sahabat yang ringan tangan, selalu bersedia membantu rekan - rekan guru dan tata usaha. 

Pada acara perpisahan tersebut Kepala MTSN Nanga Pinoh H.Sugeng, S.Ag menyampaikan terima kasih dan rasa bangga beliau karena mutasi ini merupakan langkah maju seseorang untuk berkiprah di tempat tugas yang baru yang memiliki daya saing yang lebih baik dan maju.Terlebih dipulau Jawa yang notabene lebih ketat kompetisinya ketimbang di Melawi khususnya.

Dalam sepatah dua patah kata perpisahannya Sukron Ma'mun.S.Pd.I dengan terbata bata oleh isak tangisnya menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih kepada kepala madrasah dan rekan  sejawat. Beliau menandaskan bahwa ini merupakan salah satu takdir kehidupan yang ia jalani, bagian dari alur cerita yang tidak pernah dia tahu dari mana bermula, kemana bermuara dan akhir ceritanya, semua di Lauhul Allah.Manusia hanya mengalir saja menjalaninya. 

Lalu sebagai wakil dari rekan - rekan yang diwakili oleh Kabib Mustapa, S.Pd menyampaikan terimakasih banyak atas bantuan Pak Sukron selama ini.Banyak yang telah Pak Sukron perbuat untuk MTsN Nanga Pinoh dan khususnya untuk teman - teman.Semoga Allah membalas kebaikan Pak Sukron dan memberkati dimanapun berada.

Acara dilanjutkan dilapangan dengan bersalaman dengan para siswa dan siswi.Tangis haru mengiringi jabat tangan perpisahan ini. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan makan bersama guru - guru diruangan. Selamat jalan guru terbaik MTsN Nanga Pinoh jasamu akan kami kenang selalu. Selamat berkiprah di tempat tugas yang baru.Semoga silaturahmi tetap terjalin meski raga kita berjauhan namun dihati tetap saling mendoakan. Tetap terhubung meski jarak memisahkan.Semoga kita bertemu dalam keadaan yang lebih baik.Mohon doakan kami dalam melanjutkan perjuangan ini.(Okta)