Wajah bersinar kebahagiaan karena baru saja pulang dari Umroh, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd memberikan amanat pada apel pagi hari Senin, 10 Februari 2020.  Apel pagi yang dihadiri pegawai dan anak-anak magang dari SMK Bina Kusuma Nanga Pinoh itu diisi dengan internalisasi Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Republik Indonesia dan amanat Kepala Kantor sebagai Pembina Apel Pagi.

Dalam amanatnya Haji Abdulbar menyampaikan banyak terima kasih kepada Plh. H. Aan Subakir, S.Ag, M.Si, para pejabat dan semua pegawai karena selama beliau cuti dan pergi Umroh ke Tanah Suci, pelayanan di kantor tetap berjalan dengan baik, meski ada sedikit kendala yang memang harus kita perbaiki di masa depan. “Bagi saya Umroh itu adalah mengecas keimanan. Maka saya dan keluarga berangkat ke Tanah Suci agar saya dan keluarga lebih mantap lagi dalam beriman dan semoga berdampak positif dalam pelayanan saya terutama sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi,”jelas Pak Kepala tentang pengalaman umrohnya.

Lebih lanjut Pak Kepala bercerita tentang pengalaman beliau berjumpa dengan Menteri Agama. “Pada saat Rakorpim memang sudah salaman dan foto-foto bersama dengan beliau tetapi satu hal tidak kesampaian yaitu salam komando. Tetapi Alhamdulillah pada saat acara pelepasan beliau di Bandara akhirnya kesempatan itu datang juga. Bapak, saya Abdulbar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi sekitar delapan jam dari Pontianak. Saya ingin salam komando dengan Bapak. Luar biasa, beliau sangat senang apalagi saya, maka terjadilah salam komando tersebut,”cerita Pak Kepala dengan riang.

Selain itu Pak Kepala menjelaskan, “Satu hal penting yang disampaikan oleh Bapak Menteri Agama adalah mari kita jaga Kementerian Agama ini dengan baik. Dalam konteks kita di Melawi pesan ini menjadi relevan mengingat sebentar lagi kita menghadapi Pemilukada. Mari kita jaga netralitas. Kita ASN tidak boleh terlibat dalam politik praktis. Jaga sikap dan jaga kata-kata, jangan sampai menunjukkan keberpihakan kepada calon tertentu,”ajaknya mantap.