Kakankemenag Sanggau Drs M Taufik menghadiri kegiatan Apel Gebyar Bhinneka Tunggal Ika Sanggau Bersatu yang diaksanakan di lapangan bola gelora Pancasila Sanggau Permai, Sabtu (03/02/2018). Dalam kegiatan itu seluruh komponen masyarakat Sanggau menyatakan sepakat melaksanakan Pilkada damai. Kesepatakan tersebut disampaikan seluruh komponen masyarakat saat membacakan ikrar Sanggau bersatu oleh Forkopimda dan perwakilan tokoh masyarakat dan bakal pasangan calon kepala daerah dalam sebuah acara

Acara yang di gagas Kapolres Sanggau, AKBP. Rachmat Kurniawan itu juga dihadiri juga oleh Dandin 1204/Sgu Letkol. Inf. Heri Purwanto, perwakilan OPD, Muspika se Kabupaten Sanggau, Anggota Polres Sanggau, Anggota TNI AD/Persit Karta Chandra Kirana Kodim 1204/Sgu bakal Paslon Bupati/Wakil Bupati Sanggau, Anggota Partai Politik se Kabupaten Sanggau, Ormas/OKP se Kabupaten Sanggau, Siswa/i tingkat SLTA, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.

Ada lima poin kesepakatan damai yang dibacakan bersama-sama tersebut, yakni; pertama, Kami masyarakat Kabupaten Sanggau menjujung tinggi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan menjaga keutuhan NKRI. Kedua, Kami masyarakat Kabupaten Sanggau bertekad tidak terpengaruh dengan adanya Isu-isu, provokasi dan agitasi yang berbau suku, agama, RAS dan antar golongan yang dapat memecah belah bangsa. Ketiga, Kami masyarakat Kabupaten Sanggau menolak suku, agama, RAS dan perbedaan golongan dijadikan alat untuk kepentingan politik. Ke empat, Kami masyarakat Kabupaten Sanggau, siap mensukseskan dan menciptakan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Barat dan pemilihan Bupati/Wakil Bupati tahun 2018, yang berintegritas, bermartabat, aman dan damai. Kelima, Kami masyarakat Kabupaten Sanggau bertekad untuk menjaga kedamaian dan keharmonisan dalam keberagaman dan kebhinekaan.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Ikrar oleh Forkopimda dan undangan lainnya serta peserta apel. Kegiatan Apel Gebyar Bhinneka Tunggal Ika Sanggau Bersatu diisi dengan acara penampilan tari-tarian daerah, nasional, tari kreasi dan penampilan drum band serta dilanjutkan tarian bersama peserta apel. (fathur)

Berita: