Bel kedua berbunyi tepat pukul 08.30 menandakan Pembinaan Pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara akan segera dimulai, dan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah hadir di Kantor Kementerian Agama untuk dapat segera memasuki ruangan.

Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara H. Sy. Machmud, S. H. didampingi oleh Ka. Subbag Tata Usaha H. Kuwatno, S.Pd, I. Sebelum menyampaikan arahannya, terlebih dahulu H. Sy. Machmud menceritakan kembali pengalaman-pengalamannya saat berhaji ke Tanah Suci Mekkah.

Beliau menceritakan begitu banyak kemudahan dalam pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan olehnya, begitu banyak pertolongan dan kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya karena Beliau selalu menolong orang lain. Dalam ceritanya juga Beliau selalu merasa hidupnya hanya benar-benar untuk beribadah.

Dalam akhir ceritanya, Beliau mengajak kepada seluruh Pegawai yang hadir dalam pembinaan tersebut khususnya yang beragama Islam untuk segera menunaikan ibadah haji apabila sudah memiliki kemampuan dalam bidang materi.

Dalam pembinaan tersebut, semua ASN yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama di undang dan hadir baik mereka yang ada di Kantor Kementerian Agama itu sendiri, KUA maupun guru-guru yang ada di madrasah Negeri maupun Swasta dan Guru-guru yang diperbantukan di Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kab. Kayong Utara ini.

Dari 56 total seluruh ASN yang ada di lingkungan Kankemenag KKU yang mengikuti pembinaan pegawai sebanyak 40 orang dikarenakan beberapa pegawai ada yang dinas ke KPPN ketapang, mengikuti diklat fungsional jabatan calon penghulu dan mengajar siswa-siswi di madrasah yang tidak dapat ditinggalkan.

Kakan Kemenag KKU memaparkan realisasi anggaran yang dialami oleh masing-masing unit kerja pada semester ketiga ini. Satu persatu realisasi anggaran per unit kerja beliau paparkan. Beliau tidak hanya memaparkan saja, melainkan juga menanyakan kendala-kendala yang dihadapi oleh masing-masing unit kerja.

Hingga memasuki semester ke-4 ini, realisasi anggaran masing-masing unit kerja rata-rata belum mencapai 75 %. Realisasi anggaran tertinggi periode 31 Oktober 2016 ini adalah Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah sebesar 74 % dan untuk Sekretariat hanya 43%.

Kasi Pendidikan Islam, H. Ruslan, S. Ag, MA juga menyampaikan alasan mengapa seksi pendis hingga oktober ini belum bisa mencapai 75% dikarenakan Anggaran Penambahan untuk Pembayaran Tunjangan Profesi Guru yang belum dibayarkan pada tahun 2015 yang lalu telah dilakukan revisi akan tetapi belum ada surat dari DJA.

Selain itu, H. Ruslan juga menyampaikan bahwa tunjangan profesi guru 4 bulan terakhir belum dicairkan dikarenakan banyak para guru yang belum membuat laporannya. Karena dari Seksi Pendis tidak akan mencairkan jika mereka tidak membuat laporan mereka, tuturnya. Sedangkan untuk sekretariat Kakan Kemenag KKU mengemukakan bahwa berdasarkan informasi yang didapat dari bendahara pengeluaran, anggaran di Sekretariat memiliki kelebihan dalam Tambahan tunjangan kinerja, sehingga dapat dikatakan menjadi kendala terhadap penyerapan anggaran dan ada beberapa pemeliharaan yang sudah dilaksanakan akan tetapi belum dilakukan pencairan ke KPPN, ungkapnya.

Selain itu juga, dalam pembinaan tersebut juga disampaikan keluh kesah dari masing-masing pegawai. Dari seksi pendis, Erawati,SE mengungkapkan adanya penambahan pegawai, karena mengingat sekarang semua pekerjaan sudah menggunakan aplikasi dan serba "e". Kakan kemenag pun menanggapi dengan bijak, untuk saat ini memang belum ada penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Agama, dan untuk Kankemenag Kayong sendiri, baik dikantor, KUA dan di madrasah, semua pegawainya terbatas. Apabila di seksi ini diberikan penambahan pegawai, seksi lainnya juga kurang, anehnya sudah kita kekurangan pegawai, akan tetapi masih ada pegawai yang ingin pindah, tegas Beliau.

Tidak ketinggalan, salah seorang pegawai yang diberi tugas untuk mengelola kepegawaian, Maulina, S. Sos juga mengingatkan kepada semua ASN yang hadir untuk segera menyerahkan Formulir Prestasi Kerja berupa soft copy dan hard copy. Tak hanya itu, bagi ASN yang akan KGB dalam waktu dekat ini dan ASN yang Naik Pangkat pada periode April 2017 nanti untuk segera melengkapi berkas-berkas persyaratannya, dan bagi para guru, pengawas dan penyuluh, untuk mengumpulkan semua bukti pendukung terlebih dahulu yang harus dikirim ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat untuk dilakukan penilaian, dan pengajuan ini tidak serta merta akan disetujui jika bukti pendukung yang diajukan ternyata tidak mencukupi nilainya.

Dan semua berkas tersebut paling lambat diterima oleh kepegawaian kankemenag kku tanggal 20 November 2016.Di akhir pembinaan, Kakan kemenag menyampaikan bahwa beliau sore ini akan ke Kanwil Kemenag Kalbar guna menyampaikan usulan mutasi/rotasi Pejabat Eselon IV dilingkungan kankemenag KKU yang belum pernah di rotasi sejak Kankemenag KKU berdiri pada tahun 2010 yang lalu.

Berita: