SINGKAWANG. Senin (25/9) Ibnu Salman, S.Pd.I, M.Ag pegawai dari Badan Penelitian dan Pengembangan Serta Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia berkunjung ke Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Tujuan kedatangannya adalah untuk melakukan pengumpulan data lapangan kegiatan penelitian tentang Persepsi Umat Beragama terhadap Keberagaman di Era Media Sosial.

Kegiatan pengumpulan data lapangan ini dilaksanakan di aula Kantor Kemenag Kota Singkawang dengan menghadirkan responden sekitar 60 orang yang terdiri dari Pelajar dan Masyarakat dari berbagai agama dengan memberikan lembar quisoner tentang Persepsi Umat Beragama terhadap Keberagaman di Era Media Sosial.

Turut hadir pada acara ini Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si. Dalam sambutannya, Nahruji menyampaikan bahwa Kota Singkawang merupakan Kota yang harmonis dengan akulturasi budaya yang unik. Hal ini dikarenakan Kota Singkawang dihuni oleh penduduk yang beragam baik Etnis maupun Agama. Dengan kondisi tersebut, berdasarkan Survey Setara Institute pada tahun 2015, Kota Singkawang dinobatkan sebagai Top Rank bersama Kota Salatiga dan Pematang Siantar sebagai kota Toleransi terbaik di Indonesia. Untuk itu, ia mengajak seluruh hadirin untuk senantiasa menjaga keharmonisan yang telah tercipta di Kota Singkawang ini.

Sementara itu, Ibnu Salman mengungkapkan bahwa peranan media sebagai instrumen komunikasi memberikan sumbangan besar terhadap mobilitas personal bahkan sosial kemasyarakatan. Pertumbuhan media masa kini telah membentuk pola pikir masyarakat. Lebih jauh lagi, media telah memberikan warna signifikan terhadap pola-pola keagaman dan keberagamaan dalam kehidupan. Ketergantungan masyarakat kepada media semakin menguat seiring dengan pertumbuhan globalisasi yang tidak mungkin dibendung laju pertumbuhannya. Mengingat Kota Singkawang sebagai Kota Toleran terbaik di Indonesia, ia memandang sangat menarik untuk mengetahui persepsi masyarakat khususnya umat beragama terhadap keberagaman di era media sosial yang ada di Kota Singkawang.(Jk/hms)

Berita: