Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sanggau menyerahkan bantuan modal usaha kepada Al Farisi, warga kurang mampu di Kelurahan Ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Selasa (13/6). Bantuan diserahkan langsung Wakil Ketua I bidang pengumpulan, pendistribusian dan pendayaangunaan BAZNAS Kabupaten Sanggau, Indra ST.

“Bantuan ini kita berikan agar orang yang kita bantu bisa mandiri secara ekonomi,” katanya. Indra menjelaskan, jika hari ini orang yang dibantu mustahik, maka pada masa yang akan datang diharapkan berhasil, dan bahkan menjadi pemberi zakat.

“Karena sesungguhnya Allah SWT lebih menyenanggi orang yang tangannya berada di atas (yang suka memberi-Red) dari pada tangan yang berada di bawah, ” ujarnya.

Ia menambahkan, yang tidak kalah pentingnya, bantuan ini diharapkan menjadi contoh, inspirasi serta motivasi kepada keluarga kurang mampu, dan pemberi zakat agar membayar zakatnya kepada Badan Amil Zakat Nasional.

Kegiatan pemberian modal usaha, lanjutnya, akan menjadi prioritas kerja BAZNAS dalam rangka mengangkat derajat warga kurang mampu. Meskipun begitu program lainnya seperti santuan untuk fakir miskin, lembaga islam, guru ngaji, bedah rumah, beasiswa tetap dijalankan seperti biasa.

“Tapi yang paling itu bantuan yang kita berikan berdayaguna. Artinya bisa membantu mengembangkan usaha warga kurang mampu yang kita bantu,” tegasnya.

Sementara itu, Al Farisi, warga kurang mampu yang mendapatkan bantuan modal usaha BAZNAS Sanggau, mengucapkan terimakasih kepada BAZNAS yang telah membantu dirinya dan keluarga untuk modal usaha.

“Saya rencananya akan menggunakan uang ini untuk buka usaha pangkas rambut, saya sudah dapat tempatnya, biarpun di kaki lima tapi lokasinya strategis,” katanya.

Sebelumnya, Ia mengaku sudah beberapa kali melamar sebagai tukang pangkas rambut, tetapi belum ada yang mau menerima. “Akhirnya saya bertekad kalau ada uang saya buka usaha sendiri, “pungkasnya. (Fathur_Sanggau)

Berita: