Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Ketapang mengadakan rapat bersama Pengawas Madrasah dan Kepala Madrasah, acara ini dilangsungkan di Aula Kantor Kemenag Ketapang, selasa (15/08/2017).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Fahriyani tersebut membahas berbagai hal terkait pelaksanaan pendidikan madrasah di Tahun Pelajaran 2017/2018.

Dalam rapat tersebut Fahriyani menyampaikan 4 pesan yaitu:

1. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar kita wajib mengikuti kalender pendidikan, sebagaimana surat edaran yang disampaikan oleh Direktur KSKK Kementerian Agama RI tentang kalender pendidikan madrasah dan telah ditindak lanjuti oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kalbar.

2. Sebagian madrasah sudah banyak melaksanakan Kurikulum 2013, sebagian lagi masih menggunakan kurikulum KTSP. Madrasah yang sudah melaksanakan kurikulum 2013 agar melaksanakannya dengan baik, sehingga dapat memaksimalkan prestasi siswa.

3. Pada tahun ajaran baru 2017/2018 ada 4 lembaga baru yang mendapatkan ijin operasional, yakni RA Sirajul Mukminin Azzakiyah, RA DWP Kemenag Ketapang, MI Sirajul Mukminim Azzakiyah dan MTs Sirajul Mukminim Azzakiyah. Sementara ada 1 lembaga yang gagal mendapatkan ijin operasional yaitu MI Al Bayan dikarenakan terlambat dalam mengajukan ijin operasional. Oleh karena itu lembaga yang hendak mengajukan ijin operasional berkasnya sudah harus masuk pada bulan April sehingga diharapkan proses pengajuan ijin operasional akan berjalan dengan lancar.

4. Terkait akreditasi madrasah, pada tahun 2016 madrasah yang dilaksanakan penilaian akreditasi Alhamdulillah semua madrasah sukses terakreditasi, ini merupakan prestasi yang luar biasa. "Berkat bantuan dari pengawas madrasah serta kerja keras dari pihak madrasah Alhamdulillah dapat memperoleh hasil yang menggembirakan. Pada tahun 2017 Bidang Pendidikan madrasah juga membantu pendanaan kegiatan bimbingan akreditasi. Semoga hasil akreditasi tahun ini akan kembali baik dan memuaskan," ujar fahriyani. (Safrudin_Ktp)