Peningkatan keterampilan memimpin ibadat bagi Aktivis Gereja Stasi adalah sebuah kebutuhan mutlak untuk memenuhi kebutuhan dan harapan umat di Stasi-stasi. Hal itu disampaikan oleh Pastor Paroki Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga Nanga Pinoh, Pastor Piet Apot, Pr pada Perayaan Ekaristi Penutupan  Pelatihan Memimpin Ibadat  yang mengambil  tema “Peningkatan Ketrampilan Memimpin Ibadat Sabda Tanpa Imam” di Rumah Betang Apang Aloy Bemban Pengersit Kecamatan Pinoh Selatan, pada tanggal 28-30 Juni 2017. Pelatihan yang diikuti oleh empat puluh orang aktivis Gereja Stasi Se-Paroki Nanga Pinoh ini sekaligus menjadi kenangan terakhir pertemuan aktivis Gereja Stasi bersama Pastor Piet Apot, Pr yang akan menjalankan tugas baru sebagai Pastor Paroki Senaning Kabupaten Sintang.

Lebih lanjut Pastor Piet berpesan kepada aktivis Gereja Stasi, agar tidak pernah berhenti untuk belajar semakin terampil dalam memimpin ibadat; dengan cara membaca buku-buku terkait, bertanya kepada yang dianggap terampil, dan tidak malas mengikuti pelatihan atau pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh Dewan Pastoral Paroki (DPP). Atau bisa juga beberapa stasi bergabung mengorganisir diri merencanakan pertemuan atau pelatihan dan mendatangkan narasumber yang selama ini selalu menemani kita dalam pertemuan di Rumah Betang ini. "Perlu kalian ingat, rumah Betang ini dibangun untuk menjadi sarana kita bersama menjadi tempat yang nyaman untuk mengadakan pertemuan, pelatihan dan bina rohani,” tegasnya mantap dihadapan peserta yang dengan tekun mendengarkannya.

Pelatihan memimpin ibadat ini dipandu oleh aktivis Gereja dari Dewan Pastoral Paroki (DPP) SPM Diangkat ke Surga Nanga Pinoh yaitu Gabriel Salim,S.S., seorang penyuluh Agama Katolik sekaligus Kordinator Seksi Pewartaan DPP yang berbicara mengenai Spiritualitas Pelayanan Sebagai Pemimpin Ibadat dan Ekklesiologi Sederhana untuk Pemimpin Umat; Bernardus Bala, S.Ag, Kepala Seksi Bimas Katolik Kantor Kemenag Melawi  yang berbicara mengenai Sakramentologi dan Lagu dalam  Liturgi Gereja Katolik; Kosmas Daeng,S.Ag yang berbicara mengenai Tehnik Memimpin Ibadat. Hari terakhir pelatihan diisi dengan praktek memimpin ibadat. (Gaby_Melawi)

Berita: