Pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bengkayang yang ke-19, yang pada tahun 2018 ini dipusatkan di Kecamatan Tujuhbelas. Kegiatan tersebut antara lain Bengkayang Expo 2018, yang bertujuan untuk memperkenalkan beragam hasil kerajinan lokal khas Bengkayang, berbagai kegiatan lomba, dan hiburan rakyat. Selain itu dalam rangka memeriahkan HUT Pemda Kabupaten Bengkayang ada 2 rangkaian kegiatan lainnya, yaitu Hari Kesatuan Gerak PKK ke 46 dan peringatan hari Kartini, dan dilaksanakan di area Bengkayang Expo 2018.

Kegiatan yang telah dimulai dari tanggal 18 April ini, diikuti oleh kontingen dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang.  Rabu (25/4) adalah hari puncak peringatan HUT Pemda kabupaten Bengkayang dan merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Bengkayang karena ada pengundian kupon dengan doorprize sepeda dan berbagai hadiah lainnya. Rangkaian kegiatan penutupan ini dimulai dengan peninjauan hasil lomba masak oleh ibu-ibu PKK yang langsung dipimpin oleh Pj. Sekda Bengkayang beserta rombongan, dan langsung dinilai oleh dewan juri.

Dilanjutkan dengan menuju panggung utama yang telah dipenuhi oleh para kontingen dari 17 kecamatan yang ada di Bengkayang beseta tamu undangan. Acara penutupan ini dihadiri oleh Forkopimda Bengkayang, tim TP PKK dari seluruh kecamatan, Kepala SKPD, para Kepala Instansi vertical termasuk Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang, H. Sy. Machmud, S.H.

Acara penutupan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya oleh seluruh hadirin, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua penyelenggara HKG PKK Herawati Yosua Sugara yang mana Herawati menyampaikan tujuan dari HKG PKK ini adalah memasyarakatkan gerakan PKK, meningkatkan pemahaman TP PKK tentang keberadaan program PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,  dan meningkatkan motivasi  anggota PKK aktif.

Kemudian beranjak ke mata acara berikutnya yaitu pembacaan sejarah singkat berdirinya organisasi PKK oleh Ketua TP kecamatan 17, yang dilanjutkan dengan sambutan Plh. Ketua tim TP PKK Ny. Christina A. Naon yang memberikan amanat kepada seluruh Kader PKK agar selalu memiliki sikap rendah hati, dan tidak rendah diri, gelorakan semangat berjuang untuk keluarga, karena ketahanan keluarga adalah hal yang utama.

Sambutan berikutnya adalah Pj. Sekda Bengkayang Obaja, M.Si. Obaja mengatakan bahwa hendaknya peringatan hari kartini dan HKG PKK ke 46 ini bukan hanya kemeriahan sesaat, namun juga apa yang telah dilakukan memiliki dampak positif  dalam memperkuat lembaga terkecil yaitu keluarga. Tak lupa Obaja mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh panitia yang turut menyukseskan kegiatan ini, Pj. Sekda Bengkayang ini juga mengucapkan selamat hari jadi kepada Pemda Bengkayang ke 19 dan HKG PKK ke 46 serta selamat hari Kartini. Obaja resmi menutup rangkaian kegiatan dengan ketukan palu sebanyak 3 kali dan disambut oleh tepuk tangan para hadirin.

Mata acara selanjutnya adalah pemotongan tumpeng yang dibagikan kepada ketua panitia, Ketua tim TP PKK Ny. Christina A. Naon dan anggota Forkopimda. Dilanjutkan dengan deklarasi anti hoax oleh anggota forkopimda yang dipimpin oleh Pj. Sekda Kabupaten Bengkayang. Berikutnya dilanjutkan dengan pengundian doorprize dan pembagian hadiah trofi dan piagam kepada para pemmenang lomba. Kegiatan resmi berakhir ketika matahari tepat berada di atas kepala. (Akhzari)

Berita: