Pada tahun ini jumlah Biaya Tambahan Jamaah Calon Haji Kalimantan Barat mengalami penurunan. Pernyataan  tersebut disampaikan oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs H. Syahrul Yadi, M.Si usai menghadiri acara pelepasan Jamaah Calon Haji Kalbar di rumah Rakyat Kalimantan Barat Selasa, (9/8) yang didampingi oleh Plt. Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah H. Wildan, SHI.

“Biaya Tambahan Jamaah Calon Haji Kalimantan Barat diluar biaya penyelenggara Haji atau BPIH ditetapkan melalui SK Gubernur no.5/Kesra/ 2017. Sebesar Rp 3.239. 400 biaya ini lebih kecil bila dibandingkan dengan biaya tahun lalu sebesar Rp 3.458. 000 berarti ada penurunan sebesar Rp 218. 600,”  jelas Syahrul Yadi

Selain itu Syahrul Yadi juga menegaskan bahwajumlah jamaah calon haji Kalbar tahun ini meningkat hampir 30% yakni sebanyak 655 orang dari tahun lalu yang berjumlah 1.872 orang sehingga jumlah keseluruhan jamah haji tahun 2017 sberjumah 2.527 orang.

“Namun dari jumlah tersebut tentu tidak semuanya berangkat karena beberapa faktor diantaranya adalah karena sakit dan meninggal dunia. Tidak hanya itu ada pula beberapa Jamaah Calon Haji Kalimantan Barat yang mutasi ke Provinsi lain, tetapi ada juga yang masuk ke JCH Kalbar,” tambah nya.

Adapun jamaah calon haji termuda saat ini adalah jamaah asal Kota Pontianak atas nama Fadilah Hairunniyah Sugiono berumur 18 tahun sedangkan jamaah tertua berumur 93 Tahun atas nama Ibu Marsinal juga dari Kota Pontianak. (Ir-Inmas)

Berita: