Sesuai dengan hasil Rapat Koordinasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) maka untuk tahun pelajaran 2017/2018 penyusunan kisi-kisi dan master soal mata pelajaran pendidikan agama menjadi wewenang dan tanggung jawab Kementerian Agama.

Sehubungan dengan tersebut, Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Prov. Kalbar akan menyelenggarakan kegiatan Pendalaman Kisi-Kisi Soal USBN PAI Tahun Pelajaran 2017/2018. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Sistem Informasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Wahyu Setia Budi, SE, MM, diruang kerjanya, Senin (19/2/2017).

Adapun sasaran kegiatan ini adalah Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Kepala Seksi Bidang pendidikan Madrasah dan Kasi Pakis Kankemenag Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat. Selain itu akan diundang pula Ketua KKG se-Kalmantan Barat dan Ketua MGMP se-Kalimantan Barat.

"Tujuan Pendalaman kisi-kisi soal USBN PAI ini adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan meningkatkan Mutu penelitian pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan,” jelas Wahyu kepada Inmas Kanwil Kemenag Kalbar.

Selain itu, Wahyu menambahkan bahwa melalui kegiatan ini pula Kanwil Kemenag Prov. Kalbar dapat  mengevaluasi kinerja satuan pendidikan dan hasil penilaian pendidikan Agama Islam pada tahun lalu, sehingga setiap permasalahan dilapangan dapat diselesaikan.

Lanjutnya pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sudah tidak lama lagi oleh karena itu persiapan untuk materi soal pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah Tahun Pelajaran 2017/2018 harus sudah siap.

Adapun Kisi-Kisi USBN PAI dimaksud terdiri atas 3 jenjang, SD, SMP, SMA/SMK yang terbagi atas dua jenis kurikulum yakni Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013. Kisi-kisi ini diharapkan dapat membantu pelaksanaan USBN PAI yang lebih baik. (Ir-Inmas)

Berita: