SINGKAWANG. Dalam rangka meningkatkan mutu dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas serta dalam memberikan pelayanan yang terbaik di masyarakat, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang mengadakan kegiatan Pemberdayaan Kantor Urusan Agama (KUA) pada Rabu (13/12).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Restoran Kampung Batu Singkawang ini dihadiri oleh seluruh kepala, penghulu beserta pegawai KUA se-Kota Singkawang. Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Singkawang Drs. H. Muhlis, M.Pd menyampaikan bahwa KUA adalah unit pelaksana teknis pada Kementerian Agama yang merupakan garda terdepan dan sebagai ujung tombak dari Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Oleh karena itu, kinerja KUA di masyarakat menjadi cerminan bagi Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Untuk itu, Muhlis mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan KUA dimasyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Muhlis juga menyampaikan bahwa tuntutan pelayanan KUA kedepan yang semakin komplek, terutama masalah sarana dan prasarana serta layanan admininistrasi yang telah ditetapkan sesuai dengan Standart Operational Prosedure (SOP) Pelayanan KUA sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia (PMA RI) Nomor 34 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja KUA Kecamatan.

Untuk maksud dan tujuan tersebut, Kasi Bimas Islam menghadirkan narasumber yang berkompeten untuk menjelaskan bagaimana standar pelayanan pada KUA Kecamatan yaitu Kepala Seksi Pemberdayaan Kantor Urusan Agama (KUA) Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Aris Sujarwono, MH. Muhlis berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja pegawai KUA khususnya di Kota Singkawang dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun kinerja Kantor Kemenag Kota Singkawang yang lebih baik lagi.(Jk/hms)

Berita: