SINGKAWANG. Rabu (11/7), Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melalui Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar kegiatan Manasik Haji tingkat Kota Singkawang bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Singkawang yang diselenggarakan di Aula Basement Kantor Walikota Singkawang. Kegiatan manasik haji tingkat kota ini merupakan kegiatan bimbingan manasik haji yang terakhir dari serangkaian manasik haji yang diagendakan dengan sebelumnya telah dilaksanakan manasik haji di tingkat kecamatan. Adapun manasik haji kali ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 11 sampai 12 Juli 2018.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si dalam sambutannya melaporkan bahwa khusus untuk Kota Singkawang, CJH tahun ini adalah sejumlah 110 orang dengan rincian dari Kecamatan Singkawang Tengah berjumlah 59 orang, Kecamatan Singkawang Barat 26 orang, Kecamatan Singkawang Utara 16 orang dan Kecamatan Singkawang Selatan berjumlah 9 orang. Adapun para CJH Kota Singkawang yang tertua adalah berusia 89 tahun dan yang termuda adalah 32 tahun.

Kembali disampaikan oleh Nahruji bahwa nantinya CJH Kota Singkawang akan diberangkatkan pada tanggal 1 Agustus 2018 menuju Asrama Haji Pontianak dan akan menginap 1 malam untuk selanjutnya diberangkatkan menuju embarkasi Batam untuk selanjutnya berangkat menuju tanah suci. Pada kesempatan itu Nahruji juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Singkawang yang telah memberikan fasilitas dan kemudahan-kemudahan kepada CJH Kota Singkawang termasuk didalamnya menanggung biaya perjalanan pulang-pergi para jamaah dari Kota Singkawang menuju embarkasi Batam.

Sementara itu, Wakil Walikota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan manasik haji menyampaikan bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang berat. Hal ini dikarenakan ibadah haji menuntut kesiapan jasmani dan rohani yang baik agar dapat menyelesaikan semua rukun haji. Untuk itu ia berpesan kepada CJH Kota Singkawang untuk menjaga kesehatan dengan baik serta meningkatkan kesabaran dalam melaksanakan setiap proses ibadah haji.

Selain itu, ia juga mengingatkan para CJH agar tetap menjaga disiplin dan niat dalam melaksanakan ibadah haji nanti. Hati-hati dengan sifat riya’ yang dapat merusak ibadah kita. Jaga betul niat untuk beribadah kepada Allah SWT. Jangan sia-siakan kesempatan ini dengan urusan duniawi, seperti sibuk jalan-jalan, berbelanja dan mengambil gambar (selfy),” pesannya. Diakhir sambutannya Irwan mendo’akan para CJH Kota Singkawang diberi kekuatan dan kesehatan untuk dapat melaksanakan segala rangkaian kegiatan dan rukun haji serta pulang ke tanah air dengan memperoleh predikat haji mabrur.(Jk/skw)

Berita: