Senin (2/7) di Masjid Awaluddin Bandara Supadio Sungai Durian Kecamatan Sungai Raya menjadi tempat diselenggarakan manasik haji tingkat Kecamatan. Pembukaan acara mulai pada pukul sembilan pagi yang dihadiri Kepala KUA, Penyuluh dan Kasi PHU Mujib, S.Ag.,M.Si serta Kasi Bimas Islam Drs. H. Fauzi. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, yang dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia H. Syaefuddin.

Syaefuddin yang juga Kepala KUA Sungai Raya menginformasikan bahwa manasik tingkat kecamatan ini dibagi menjadi dua rayon yaitu A dan B. Rayon A meliputi Kecamatan Sungai Raya, Rasau Jaya, Batu Ampar, dan Teluk Pakedai. Sedangkan Rayon B meliputi Kecamatan Sungai Kakap, Sungai Ambawang, Kuala Mandor B, Kubu dan Terentang.

Jumlah calon jamaah haji untuk rayon A berjumlah 170 orang yang nantinya manasik di Masjid Awaluddin ini sedangkan rayon B 131 orang di Masjid Hudarrahman Parit Mayor Desa Kapur. Untuk hari ini jamaah manasik disini, besok barulah pemisahan berdasarkan rayon. Manasik ini dimulai tanggal 2 sampai tanggal 5 Juli 2018 yang dilanjutkan senin tanggal 9 sampai 12. Untuk hari kamis tanggal 12 Juli baik rayon A dan B berkumpul kembali di Asrama Haji Pontianak, ungkapnya.

Acara penutupan tanggal 12 Juli dan diharapkan calon jamaah membawa kelengkapannya yaitu pakaian ihram. Terima kasih untuk kehadirannya bapak/ibu. Semoga kita semua sehat walafiat, jelasnya menutup.

Kasi PHU H. Mujib, S.Ag.,M.Si dalam sambutannya mengharapkan jamaah haji pergi selamat dan pulang selamat. Kemenag Kubu Raya mengusulkan cadangan tiga orang. Dan jika ini diterima maka jumlah jamaah kita yang berangkat 305 orang. Ada tujuh rombongan dan masing-masing kepala rambongan membawahi empat regu, infonya menutup.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi oleh Kepala kantor Drs. H. Ja’far A. Beliau memulai sambutannya dengan kalimat talbiyah Labbaikallaahumma labbaika, labbaika laa syariika laka labbaika, innal hamda wanni’mata laka wal mulka laa syariika laka yang dikuti seluruh yang hadir.

Ibadah haji ini adalah nikmat paling nikmat, ini rumah Tuhan. Syukuri nikmat ini maka Allah akan membawa nikmat selanjutnya, syukuri maka nikmat-NYA akan terus di turunkan kepada kita semua, ungkapnya.

Atas nama Kemenag Kubu Raya saya ucapkan selamat Idul Fitri. Mohon maaf jika ada kesalahan kami.

Modal utama jamaah haji yaitu sabar, maka kita akan menjadi haji mabrur. Doakan pemimpin-pemimpin kami di Mekkah nanti agar diberi kekuatan dan menetapi setiap janjinya, pintanya.

Luruskan niat, haji itu kegembiraan dan nikmat yang tidak bias dinilai dengan uang, jelasnya menutup.

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim bimbingan manasik haji tingkat kecamatan rayon A dan B calon jamaah haji kabupaten Kubu Raya saya nyatakan dibuka secara resmi.

Pengalungan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang peserta yang mewakili rayon A dan B oleh Kepala Kantor Drs. H. Ja’far A.

Acara ini diakhiri dengan doa oleh Kepala KUA Rasau Jaya H. Ahmad Sabri, S.Ag. (Bond/KKR)

Berita: