Keluarga merupakan unit terkecil yang terpenting dalam pembentukan keluarga sakinah, oleh karena itu keluarga akan membentuk karakter dan berpengaruh kepada lingkungannya. Jika suatu lingkungan sudah memiliki karakter yang baik dan berkualitas akan menjelma perbaikan karakter suatu bangsa. Untuk membentuk suatu keluarga yang Sakinah maka perlu adanya Bimbingan Perkawinan Pranikah Kepada Calon Pengantin (Catin).

Atas dasar tersebut Kantor Kementerian Agama kabupaten Kubu Raya yang dimotori oleh Seksi Bimas Islam melaksanakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin yang dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Oktober 2018. Kegiatan ini berlangsung di ruang tengah Kantor yang di hampar oleh permadani menjadi lesehan dan dimulai pukul sembilan pagi.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 32 pasang catin dan kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor yang diwakili Kasi Bimas Islam Drs. H. Fauzi.

Dalam sambutannya Fauzi menyatakan bahwa penyebab terbesar perceraian di Pengadilan Agama adalah KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga). Untuk menghindari hal tersebut maka bimbingan ini diberikan sehingga baik calon suami/istri mengetahui hak dan kewajibannya dalam keluarga. Acara ini nantinya akan diisi oleh narasumber yang kompeten diselingi dengan games-games agar lebih menarik dan atraktif. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah, tutupnya.

Acara ini dibuka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim yang diikuti semua yang hadir.

Adapun yang menjadi nara sumber dalam kegiatan ini adalah Kepala KUA Teluk Pakedai M. Ichsanudin, S.HI, Siti Masriah, S.ST dari Puskesmas Sungai Raya dan Kepala Seksi Kepenghuluan Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Supardi, S.Ag.

(Bond/KKR)

Berita: