Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pinoh Utara  H. Nuryanto, SH.I ditengah-tengah kesibukanya sebagai Kepala KUA menyempatkan diri untuk memberikan bimbingan rohani kepada para pegawai Bank Syariah Mandiri Nanga Pinoh. Bimbingan secara rutin dilaksanakan setiap hari Jumat di Kantor BSM Nanga Pinoh. Pada hari Jumat, 17 Januri 2020 Haji Nuryanto di hadapan para pegawai BSM Nanga Pinoh berbicara tentang Syukur dan Taqwa yang didengarkan dengan penuh hikmat oleh para pegawai yang mengurus keuangan itu.

“Tema kita pagi ini adalah SYUKUR dan TAQWA, bersumber dari Nabi Muhammad saw, lewat pintu Gerbangnya Ilmu (sayyidina Ali Karomallohu Wajhah, shohabat, menantu, suami Sayyidah Fatimah Rodziallohu wajhah) bahwa = 1. Taqwa itu bertingkat, Pertama dengan nikmat dan berterima kasih pada sesama dan memuji pada Alloh swt dengan ucapan Alhamdulillahi Robbil 'Alamin. Tingkat Kedua Orang yang memanfaatkan nikmat untuk hal yang diridloi Alloh, apapun bentuk kenikmatan itu. Tingkat Ketiga Yaitu orang yang memanfaatkan kenikmatan untuk diri, keluarga dan lingkungan yang lebih luas kemanfaatannya dalam hal yang diridloi Alloh,“ jelas pak Nuryanto mantap.

Lebih lanjut Haji Nuryanto menjelaskan sedangkan Taqwa menurut sayyidina Ali Ra  bahwa orang yang bertaqwa mempunyai indikasi/ciri sbb = 1. Takut pada Allah, Takut Amal tidak diterima, Takut dosa kesalahan tidak terampuni, sehingga akan berhati hati dalam segala hal. 2. Mengamalkan perintah yang diturunkan Allah dalam wahyuNya. 3. Qona'ah, ikhlas menerima ketentuan Allah, setelah melalui proses usaha yang baik dan halal, Tinggi tanpa merendahkan, Hebat tanpa meremehkan, naik tanpa menginjak injak yang di bawa.  Prinsip ing ngarso sub tulodo, ing madyo mbangun karso,  Tut wuri Handayani. Bukan sebaliknya Ing ngarso sa eco eco, ing madyo mbangun rogo, tut wuri hanjegali. 4. Takut dan khawatir datangnya kematian tanpa bekal amal dan dosa yang tak terampuni baik yang berkaitan dengan Haqqulloh dan Haqqul adamiyi. Sehingga dimanapun, siapapun dan apapun profesinya mampun bersyukur dan bertaqwa, semoga Alloh meridloi dan melimpahkan berkahNya, harap dan doa Haji Nuryanto yakin.