PUTUSSIBAU – KAPUAS HULU. Peran dan Fungsi Penyuluh Agama Islam begitu penting, karena mereka adalah perpanjang tangan Kementerian Agama dalam rangka memberikan pembinaan, pencerahan, solusi dan pembelaan untuk masyarakat. Untuk itu dibutuhkan penyuluh siap dan punya kemampuan untuk menghadapi berbagai kendala dimasyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Mawar Susardie,SHI ASN Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu, ketika beliau ditemui di Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu Jalan Kom Yos Sudarso, usai beliau mengisi Ceramah Ibu-ibu Majelis Taklim Kecamatan Putussibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (12/08/2017).

Lebih lanjut Mawar Susardie,SHI yang akrab di sapa Ustad Adhy mengatakan, bahwa sekarang ini ditiap-tiap KUA sudah memiliki Penyuluh Agama Islam Non PNS. Sebaiknya para penyuluh yang telah direkrut tersebut harus mendapatkan binaan atau pelatihan khusus agar kualitas para penyuluh kita betul-betul bisa dihandalkan. Bagi para penyuluh khususnya, jangan hanya berdiam diri namun harus senantiasa kreatif menambah pengetahuan diri, baik melalui diklat-diklat, pembinaan atau lebih banyak menyibukkan diri dengan membaca berbagai literatur, buku atau kitab-kitab. Dengan demikian ilmu akan bertambah wawasanpun akan luas.

Untuk saat ini kita sudah banyak dipermudahkan dengan berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik seperti Komputer dan Internet. Tinggal bagaimana seorang penyuluh bisa memanfaatkan media tersebut dalam rangka menambah ilmu dan wawasan, sehingga kapasitas diri penyuluh betul-betul mumpuni.

Yang kita harapkan adalah penyuluh berkualitas yang bukan hanya menguasai satu bidang saja, namun juga punya kemampuan untuk menguasai bidang-bidang lainya. Oleh karenanya peningkatan kualitas penyuluh itu adalah hal nomor satu. “Bila penyuluhnya berkualitas, Insya Allah binaanya juga akan berkualitas”, pungkas Ustad Alumni Mahad Al-Ihsan Malang. (Ms/Kh)

Berita: