(Minggu,03/12/2017), BKMT Cabang Kembayan suskes mengadakan kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1439 H, di Masjid Jami’ Nurul Islam Kembayan. Acara dengan tema “Melalui Peringatan Maulid Nabi,Kita Tingkatkan Kerukunan dan Rasa Saling Memiliki Dalam Bingkai Silaturrahmi Menuju Masyarakat Yang Lebih Madani Serta Terpelihara Ukhuwah Islamiyah Sampai Akhir Zaman” ini mendatangkan ustadz kondang yang sudah wara-wiri dilayar televisi yaitu Ustadz Cecep Maulana yang merupakan jebolan dari acara pencarian bakat dakwah AKSI Indosiar pada tahun 2014 lalu.  Ustadz Cecep berhasil membuat seluruh Jamaah terbawa dalam aksinya tersebut.

Acara ini juga dihadiri oleh tamu-tamu penting, diantaranya Bupati Sanggau, Bapak Paulus Hadi, S.IP , M.Si bersama dengan Ibu Arita Apolina, S.Pd, M.Si , DPRD Kabupaten Sanggau Bapak Bambang Joko Winayu, ST , Ibu Dra. Hj. Fitriati selaku Ketua BKMT Kabupaten, Kepala Kemenag Kabupaten Sanggau H. Muhammad Taufik , Kadis Disosnakertrans Dra. Hj. Jamilah, MM , Kadis Pertanian dan Perikanan Ir. Jhon Hendry , Kabid Kepegawaian Dinas Pendidikan Murdyansah S.IP , Camat kembayan Drs. Inosensius Nono, Kapolsek Kembayan serta Danramil 1204 Kembayan.

BKMT Cabang Kembayan juga bekerjasama dengan segenap lapisan masyarakat, diantaranya pengurus-pengurus masjid dalam kota Kembayan, Remaja Masjid Jami’ Nurul Islam, Reisma (Remaja Islam Masjid) Al-Muhsinin Tanjung Periuk , Paguyuban Tresno Manunggal, dan dalam hal pengamanan dibantu oleh Polsek Kembayan , Koramil 1204 Kembayan serta Banser Kembayan yang bersama-sama mensukseskan acara.

Acara ini juga sekaligus menjadi momentum peresmian PAUD Nurul Islam Kembayan yang diresmikan langsung oleh Bunda PAUD Ibu Arita Apolina, S.Pd , M.Si . PAUD Nurul Islam terdapat di Kompleks Masjid Nurul Islam tepatnya di bagian Belakang Masjid. Acara ini diikuti oleh murid-murid PAUD serta tenaga pendidik.

Acara yang diikuti oleh empat belas kecamatan di Kabupaten Sanggau ini bisa dibilang sangat sukses mengingat tak ada kendala yang berarti saat itu. Dimulai dari cuaca yang mendukung hingga susunan acara yang teroganisir dengan baik.

Dalam sambutannya, Bupati Sanggau menyampaikan Apresiasi luar biasanya terhadap acara ini. Beliau menyampaikan rasa bangga yang luar biasa mengingat gotong royong dari berbagai pihak membuahkan hasil  yang membanggakan. Beliau juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2018, Masjid Jami’ Nurul Islam akan menerima bantuan sebesar Rp.500.000.000, untuk melanjutkan pembangunan yang masih sangat membutuhkan dana.

Ustadz Cecep Maulana dalam ceramahnya juga menyampaikan bahwa ini adalah kali pertamanya datang ke Kalimantan Barat, Khususnya Kabupaten Sanggau. Beliau kemudian menyapa para jamaah dengan menggunakan bahasa melayu Sanggau yang diajarkan oleh Bapak Bupati. Beliau berkata “Apai Berita (apa kabar) ?” kemudian Jamaah menjawab “ Baaiiik” . Lalu beliau kembali bertanya “ Udah Nyoga Pina ( Sudah Makan Belum) ?”. 

Jamaah pun serentak menjawab “ Pinaaa (Belum) “. Kemudian beliau berkata “ barusan kursus sama pak Bupati, ngafalinnya susah”. Seketika pak Bupati serta seluruh jamaah tertawa mendengar ungkapan ustadz yang digelari Ustadz Odong-odong tersebut. Dalam sesi wawancara beliau juga menyampaikan pesan kepada seluruh remaja masjid di Kecamatan Kembayan untuk senantiasa bersama-sama memakmurkan masjid. (Dhan Arthur).

Berita: