Bulan Ramadan menjadi bulan penuh rahmat, berkah dan ampunan. Semua kebaikan dan ibadah yang dilakukan selama ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Bagi siapa saja yang memanfaatkan dan mengisi hari-hari sepanjang ramadan dengan melakukan hal-hal positif dan bernilai ibadah, maka termasuk orang yang sangat beruntung.

Berbagai cara dilakukan umat Islam khususnya untuk berlomba-lomba menuai berkah ramadan. Ada yang khusyu’ memperbanyak amalan sunnahnya seperti tadarus Alquran, solat tarawih dan witir, serta solat sunnah lainnya. Namun ada pula yang berlomba-lomba berbagi kasih dengan menyantuni anak yatim dan dhuafa. Baik dalam bentuk undangan berbuka puasa bersama, santunan dalam bentuk uang tunai, maupun dalam bentuk paket sembako dan lain sebagainya.

Pengurus Daerah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Pontianak, juga tidak mau ketinggalan untuk berbagi kasih dan meraih pahala di bulan yang penuh berkah ini. Seperti diberitakan sebelumnya, dalam rangka meningkatkan amal ibadah di bulan suci Ramadan tahun 1439 Hijriyah, BKMT Kota Pontianak akan memberikan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu dalam hal finansial. Rencana tersebut telah dilaksanakan pada Minggu (27/5/2018).

Sebanyak 125 paket sembako diserahkan secara simbolis kepada para dhuafa yang berasal dari enam kecamatan di Kota Pontianak. Penyerahan paket secara simbolis antara lain diserahkan oleh Ketua BKMT Kota Pontianak (Hj. Suratminah), Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak yang diwakili oleh Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (H. Ernan, S.Ag, M.Si), dan Kepala KUA Kecamatan Pontianak Tenggara (Muchlis, S.Ag).

Sebelum penyerahan paket sembako secara simbolis, Ketua BKMT Daerah Kota Pontianak Hj. Suratminah dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program BKMT Daerah Kota Pontianak dalam rangka bulan suci Ramadan Tahun 1439 H/2018 M. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kerja sama dengan seluruh BKMT Cabang Se Kota Pontianak.

“Program peduli dhuafa dengan memberikan bantuan paket sembako kepada 125 dhuafa merupakan program Ramadan BKMT Daerah bekerjasama dengan BKMT Cabang Se Kota Pontianak. Sumber dana kegiatan ini murni sumbangan dari Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang BKMT Se Kota Pontianak,” tutur Hj. Suratminah di hadapan seluruh yang hadir.

Lebih lanjut Hj. Suratminah juga mengatakan, inilah yang bisa dilakukan Pengurus BKMT saat ini. Semoga hal yang kecil ini akan bisa membantu dan bermanfaat bagi para dhuafa. Insya Allah di waktu yang akan datang BKMT bisa memberikan lebih banyak lagi kepada masyarakat yang kurang beruntung dari sisi ekonomi. Adapun paket sembako yang diserahkan berupa beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, susu dan mie instan, timpalnya.*(sumi/ptk)

Berita: