SINGKAWANG. Dalam rangka pengawasan terhadap laporan keuangan dilingkungan Kementerian Agama Tahun 2017, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia sambangi Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Seperti diketahui, Tim BPK RI melakukan audit keuangan kepada lima satker Kementerian Agama sebagai sampel di Provinsi Kalimantan Barat. Yakni Kanwil Kemenag Kalbar, STAKN Pontianak, Kankemenag Kota Singkawang, IAIN Pontianak, dan Kankemenag Kota Pontianak.

Tim Audit Keuangan BPK yang datang berjumlah 5 orang yang terdiri dari Benedictus Suharyanto sebagai Pengendali Teknis, Andi Subhi Abdul Kadir sebagai Ketua TIM dengan 3 orang anggota yaitu Wabyanti, Sulistyono dan Laily Haniyah. Kedatangan Tim Audit BPK RI pada Sabtu, 3 Februari 2018 disambut langsung oleh Kepala Kantor beserta jajaran pejabat dan pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang di Aula Kantor Kemenag Kota Singkawang. Adapun kegiatan audit keuangan yang dilakukan di Kantor Kemenag Kota Singkawang ini dijadwalkan selama 2 hari yaitu dari tanggal 3-4 Februari 2018.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Audit di Kota Singkawang sekaligus memperkenalkan personil dari Kantor Kemenag. Ia mengungkapkan bahwa beberapa waktu yang lalu Kantor Kemenag Kota Singkawang juga pernah didatangi oleh Tim Auditor BPK, hanya saja pada waktu itu Tim BPK RI melakukan pemeriksaan terhadap peningkatan mutu tenaga pendidik dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Dengan demikian objek pemeriksaan difokuskan pada Seksi Pendidikan Islam terutama tentang penggunaan anggaran dibidang pendidikan.

Selanjutnya Nahruji juga menyampaikan bahwa ia sangat mendukung kegiatan ini serta memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada Tim Audit untuk melaksanakan tugasnya. “Kantor Kemenag Kota Singkawang telah berusaha menggunakan anggaran sesuai dengan regulasi yang berlaku. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang masih perlu perbaikan dan penyempurnaan,” ujarnya. Oleh karena itu, ia berharap dengan adanya audit ini, dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar bagi peningkatan kinerja pada Kantor Kemenag Kota Singkawang pada masa-masa yang akan datang.(Jk/hms)

Berita: