Nuzulul Qur'an yang secara harfiah berarti turunnya Al_Qur'an adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun.” (HR. Thobari, An Nasai dalam Sunanul Kubro, Al Hakim dalam Mustadroknya, Al Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah. 

Memperingati Nuzulul Qur’an Kemenag Kubu Raya mengadakan buka bersama dirangkai pemberian santunan kepada anak yatim 15 orang, rabu(30/5). Acara ini dimulai jam lima sore dengan pembukaan membaca surat al-fatihah yang dihadiri jajaran pejabat kemenag Kubu Raya, Kepala KUA, penyuluh, penghulu, kepala madrasah negeri, dan staff. Panitia acara dalam laporannya oleh H. Ahmad Sabri, S.Ag mengucapkan terima kasih untuk dukungan semua pihak atas terlaksana acara ini. Beliau berharap melalui kegiatan ini terjalin silaturahmi yang baik antar pegawai. Terima kasih untuk perhatiannya dan mohon maaf untuk kekuranggannya, tutupnya.

Kepala Kantor Drs. H. Ja’far A dalam sambutannya menyatakan kegiatan ini untuk membangkitkan kepedulian kita pada umat. Acara ini dari kita untuk kita dalam rangka menumbuhkan tali persaudaraan. Selamat menunaikan puasa, tutupnya.

Ceramah hikmah disampaikan oleh Kasi PHU H. Mujib, S.Ag.,M.Si. Dalam penyampainnya beliau mengatakan bulan puasa ini bulan berkah yang diibaratkan dengan hujan. Maka dari itu kita harus memilik niat ibadah seperti talang untuk menampung air hujan dan dimasukkan ke tong-tong air.

Puasa kita tidak terasa sudah 15 hari tinggal setengah perjalanan lagi. Mari kita berjuang menunaikan bulan penuh berkah sampai selesai, tutupnya.

Penyerahan santunan dan bingkisan diberikan oleh Ja’far diikuti jajaran pejabat Kemenag Kubu Raya.

Acara ini diakhiri khataman Qur’an Ustad Abu Bakar, S.Ag dilanjutkan sholat isya dan tarawih bersama. (Bond/KKR)

Berita: