BENGKAYANG_Rabu (7/6) menjelang waktu berbuka puasa, kediaman Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Mi’rad, S.Ag di Jl. Bangun Sari telah dipenuhi oleh ASN dan Honorer keluarga besar kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang. H. Mi’rad sengaja mengundang seluruh ASN, termasuk kepala KUA Se-Kabupaten Bengkayang untuk hadir di kediamannya untuk melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dan diskusi kebangsaan merefleksikan nilai-nilai dasar Pancasila.

Acara yang dimoderatori langsung oleh Kasubbag TU H. Damsir, S.Ag ini dimulai tepat pada pukul 17.00 WIB, dimulai sambutan dari Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Mi’rad, S.Ag, beliau menyatakan terima kasih atas kesedian para ASN karena telah memenuhi undangannya, meskipun dibulan Ramadhan ini tentulah ASN mempunyai agenda masing-masing.

Moderator kemudian memberikan kesempatan kepada tamu dari Balitbang Agama Semarang yang kebetulan tengah melakukan penelitian di Bengkayang untuk menyampaikan materi tentang Refleksi nilai-nilai dasar Pancasila. Materi disampaikan oleh Dr. Samidi salah satu dari dua peneliti dari Balitbang Agama Semarang. Sebelum memulai materi Beliau terlebih dahulu memperkenalkan diri kepada para hadirin. Setelah itu Dr. Samidi juga menjelaskan secara singkat tentang dasar-dasar penelitian Balitbang semarang di Bengkayang ini.

Pemaparan materi tantang refleksi nilai-nilai dasar Pancasila dijelaskan satu persatu oleh Pemateri dengan gamblang. Menurutnya nilai dasar Pancasila, harus ditanamkan kepada siswa sejak dini di pendidikan dasar, dan juga pemahaman tentang toleransi pun demikian, harus diberikan sejak sekolah dasar hingga menengah. Diharapkan dengan cara demikian Pancasila Bukan hanya dihapal, namun juga dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Usai pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab.

Setelah tanya jawab, beberapa menit kemudian terdengar azan maghrib, tanda telah tiba waktu berbuka puasa. Para ASN yang muslim langsung berdoa  sebelum berbuka puasa, dan menyantap takjil yang telah disediakan tuan rumah. Buka puasa bersama ini juga merupakan sarana silaturhami antar ASN kantor Kementerian Agama Bengkayang. (Akhzari)

Berita: