Bertepatan tahun baru islam 1439 H jamaah haji Kabupaten Sekadau akhirnya kembali setelah melaksanakan rukun Islam kelima. Kamis 21/9/2017) Pukul 07.00 wib bertempat di masjid Al Falah rombongan di sambut ribuan keluarga dan masyarakat yang antusias menyambut kedatangan jamaah. Bupati Sekadau Rupinus, SH. MH di dampingi Kepala Kementerian Agama H. Darohman, S. Ag. MS. I, Kapolres yang baru  AKBP Anggon Salazar Tarmizi dan Ketua ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)  H. Isnaini hadir menyambut kedatangan jamaah haji.

Rupinus dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran keberangkatan hingga kepulangan jamaah haji. Selamat datang kembali berkumpul bersama keluarga. Dikatakannya Ia sering berkomunikasi via WA dengan ketua rombongan Zakaria guna mempertanyakan kondisi jamaah Kabupaten Sekadau.

Bupati atas nama Pemkab Sekadau turut berdukacita kepada satu jamaah haji yang meninggal dunia. Mudah-mudahan dengan doa para jemaah haji, Kabupaten Sekadau selalu aman dan kondusif, sesuai keinginan kita bersama,"tuturnya. 

Berikutnya Ketua rombongan zakaria umar mengatakan Jamaah haji sekadau sebelumnya berjumlah 58 dan kembali 57 di karenakan satu jamaah meninggal dunia bernama Halimah Bin Abdul Saad Nawi berusia 66 tahun berasal dari kecamatan Belitang. Di kisahkannya satu jamaah yang meninggal di karenakan sakit, sebelumnya sempat mendapat perawatan di rumah sakit king abdul azis dan di kebumikan rahmatan blok 22. 

Lebih lanjut di jelaskan pesan dari dinas kesehatan bahwa Jamaah haji, setelah 21 hari untuk aktif memeriksakan kesehatan. Hal itu untuk antisipasi jika ada virus atau penyakit yang bisa dianggap menular.Sebagai bentuk deteksi dini melakukan tindakan pengawasan atau pengobatan.

Selanjutnya  kepala kemenag sekadau  H. Darohman, S. Ag. mengucapkan selamat datang di Kabupaten sekadau kepada haji dan hajjah. Kepada para jamaah haji Ia berharap menjadikan momentun tersebut untuk dapat menjaga kemabruran hajinya. "Mari jadikan Haji sebagai haji yang mabrur, pergi dengan berbagai persiapan semoga tetap menjaga haji tetap mabrur. Jaga selalu ukhuwah islamiah basyariah dan ukhuwah wathoniyah dengan menjadi anggota Ikatan persaudaraan haji (IPHI) Kabupaten Sekadau," harapnya.(Andre) 

Berita: