Berangkat dari kediaman Kepala Kantor Drs. H. Ja'far A jam tiga sore di Jalan Karet Pontianak yang didampingi Kasi Bimas Islam Drs. H. Fauzi dan Kepala KUA Sungai Raya menuju Masjid Al-Muhajirin Dusun Lintang Batang Km. 48 Desa Teluk Bakung Kecamatan Sungai Ambawang, minggu (11/6). Sesampainya disana rombongan disambut dengan hangat penuh kekeluargaan oleh pengurus masjid setempat dan Kepala KUA Sungai Ambawang Bachtiar, S.HI.

Kedatangan ini dalam rangka silaturahmi dan tausiah yang diberikan oleh Ja’far A. yang dirangkai dengan buka puasa bersama jamaah yang sebagian besar merupakan Komunitas Pembinaan Masyarakat Muslim Mualaf.

Ini adalah malam ke-17 ramadhan dan sudah separuh perjalanan. Kami sudah lama merencanakan silaturahmi ke tempat ini saudara seiman dan sebangsa, ujarnya memulai.

Harus ada tekad besar mengubah satu generasi dari ketidaktahuan menjadi tahu. Islam adalah agama terakhir yang sempurna. Kebenaran, kemuliaan dan kehebatan islam tidak perlu diteriakkan secara lisan tapi diperlihatkan kepada manusia sekitar kita melalui tindakan kita, pintanya.

Agama kita adalah penyebar rahmat kepada sesama. Hubungan kemanusiaan itu wajib seperti setelah sholat kita hadap kiri dan kanan maknanya kita harus perhatikan tetangga kita kanan maupun kiri apapun agamanya, ungkapnya.

Ada janji Allah SWT di akhirat disini kita hanya numpang lewat saja, itulah keistimewaan islam. Kita seperti musafir yang singgah sebentar dan kita hanya merantau. Ada kehidupan lebih baik disana, itulah harapan kita. Semua harta benda kita tinggal. Ciptakan surga disini sebelum ke surga disana (akhirat). Bagaimana caranya? Katanya bertanya.

Ciptakan surga di keluarga dengan menjadi kelurga yang sakinah mawaddah warahmah. Miliki hubungan yang baik dengan tetangga, katanya memberi jawaban. Tidak lupa beliau juga memperkenalkan visi dan misi Kementerian Agama dalam menjaga kerukunan. 

Kita minta islam yang rahmatan lil alamin yaitu Islam yang pertengahan bukan yang ke barat atau yang ke timur. katanya menutup. Tausiah ini diakhiri dengan penyerahan bantuan dari Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya berupa sajadah.

(Bond/KKR)     

Berita: