Pelaksanaan Pelepasan Jamaah Calon Haji (CJH) Provinsi Kalimantan Barat berlangsung dengan tertib aman dan lancar, kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah Rakyat Kalimantan Barat (pendopo) Gubernur Kalimantan Barat, Kamis, 9 Agustus 2017 pada pukul 19.30 WIB.

Selain dihadiri oleh jamaah calon haji Kalbar, Gubernur Kalimantan Barat Drs.Cornelis, MH, hadir pula pada acara pelepasan tersebut Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs H. Syahrul Yadi, M.Si dan Seluruh SKPD di lingkungan Provinsi Kalimantan Barat serta Bupati Landak.

Acara Pelepasan Jamaah Calon Haji Kalbar di dahului dengan ramah tamah dan makan bersama. Dalam laporan panitia penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kalimantan Barat yang disampaikan oleh Kepala Biro Kesos Dra. Hj. Mahmudah, M.Si menjelaskan bahwa sesuai dengan UUD 2008 tentang penyelenggaraan Ibadah haji merupakan tugas nasional, oleh karena itu Gubernur Kalbar telah menetapkan PPIHD Kalimantan Barat.

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama No. 75 Tahun 2017 telah ditetapkan kuota Haji Kalimantan Barat sebanyak  2.527. Jumlah tersebut bertambah sebanyak 655 orang dari tahun sebelumnya yang berjumlah 1.872 orang. Selanjutnya keputusan tersebut dilanjutkan dengan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 271/Kesra/2016 tentang penetapan Kuota Haji Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat Tahun 1438 h / 2017.

Calon Jamaah Haji Kalbar secara resmi dilepas oleh Gubernur Kalimantan Barat Drs.Cornelis, MH.  Kepada para petugas CJH beliau berharap agar peran dan tanggung jawab sebagai petugas dapat dilaksanakan dengan baik karena mengingat jumlah Jamaah Haji Kalimantan Barat cukup besar mencapai 2.253 Jamaah.

Kepada Ketua regu dan ketua rombongan agar mengkoordinir jamaah terutama apabila terdapat permasalahan berkenaan dengan penyelenggraan ibadah haji, sehingga setiap permasalahan para jamaah dapat dikoordinasikan dengan para petugas TPIHI.

Sebelum mengakhiri sambutannya Gubernur berpesan agar seluruh jamaah haji melaksanakan ibadah haji dngan sebaik-baiknya, dengan menjalankan segala syarat dan rukun haji dengan sempurna. “Junjung tinggi martabat bangsa dan negara serta nama baik Kalimantan Barat selama diperjalanan maupun ketika berada di negara Arab Saudi dengan bertingkah laku yang sopan dan tertib,” harap Cornelis. (Ir-Inmas)

Berita: