Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd bersama Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya dan rombongan  menyambut kedatangan Jamaah Haji asal Kabupaten Melawi di Batam pada hari Selasa, 11 September 2018. Melalui Whatshapp (WA) beliau menceritakan pengalaman unik beliau kepada Kontributor kalbar.kemenag.go.id Gabriel Salim pada hari sabtu, 15 September 2018. Pengalaman ini sangat menarik karena tidak hanya tenaga dan waktu yang diberikan oleh H. Abdulbar kepada jamaah haji tetapi juga darah beliau juga diberikan untuk membantu haji Teguh jamaah haji asal Melawi. Dalam WA beliau bercerita demikian.

Ketika penjemputan jamaah haji asal Kabupaten Melawi di Embarkasi BTH Kota Batam Provinsi Kepri yang diawali dengan kegiatan seremonial kedatangan jamaah haji Melawi pada Selasa 11 September 2018 pukul 22.00s.d.01.00, tetapi pada pukul 02.00 salah seorang  jamaah haji atas nama H. Teguh dilarikan ke Rumah Sakit Otoritas Batam di Sekupang yang jaraknya dari Kota Batam kurang lebih delapan kilo meter.

"Pada hari Rabu 12 September 2018  saya langsung ke Rumah Sakit untuk  melihat jamaah haji yang sakit tersebut. Dalam kunjungan tersebut para medis  nampak sibuk untuk mencari darah AB yang dibutuhkan oleh pasien. Dan saya juga mempunyai golongan Darah AB. Tetapi saya belum pernah mendonorkan darah kepada siapapun selama ini, namun karena melihat keadaan pasien yang sangat mebutuhkan darah, maka saya menyerahkan darah saya untuk pasien tersebut. Dan inilah pengalaman pertama saya mendonorkan darah kepada pasien dan pasien itu adalah jamaah haji asal Melawi pada hari Kamis, 13 September 2018 di PMI Batam," ujar H.Abdulbar.

Alhamdulillah bisa ditranfusikan ke bapak H. Teguh dan akhirnya Jumat, 14 September 2018, dokter membolehkan pasien untuk keluar dan bisa langsung ke Bandara Hang Nadim Batam untuk mengikuti flight ke-3 dengan  Sriwijaya Air bersama kloter 16 dibantu pihak  PPIHD  Kanwil Kemenag Kalbar KKP Embarkasi Batam. Dan akhirnya Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 pagi H. Teguh dan istri dari asrama haji  Pontianak langsung  pulang ke Nanga Pinoh untuk bertemu keluarga yang sudah lama menanti. (geby melawi)

Berita: