Hotel  Nite & Day menjadi  saksi  bisu dan sekaligus menjadi tempat bertemunya para stakeholder kerukunan hidup beragama  di Kabupaten Melawi, karena pada hari Senin, 14 Mei 2018 diadakan dialog Lintas Agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi menyonsong pemilu damai 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Melawi. Dalam acara itu hadir Bupati Melawi  Panji, S.Sos, Kapolres, Dandim, para alim ulama, para Pendeta dan Pastor dan perwakilan ormas terkait. Tetapi yang istimewah adalah kehadiran perdana Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi yang baru, H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd yang ditemani oleh H. Syarif Efendi, S.Ag yang mewakili Kakanwil Kemenag Prov Kalbar.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Kab Melawi mengatakan, “keindahan hidup bersama kita,  baru saja dinodai oleh tindakan keji oleh segelintir orang  yang menelan korban tidak berdosa di tiga gereja di Surabaya. Untuk itu saya atas nama pribadi dan keluarga besar Kantor Kemenag Melawi menyatakan ikut berdukacita atas meninggalnya saudara-saudari kita di Surabaya. Lebih  lanjut Pak Abdulbar mengatakan bahwa Negara ini lahir tidak terlepas dari peran tokoh Agama, dan  didirikan oleh para tokoh dari berbagai Agama dan suku. "Oleh karena itu mari kita menjaga keutuhan NKRI dan bersatu melawan kekerasan apapun bentuknya di negeri ini, karena agama apapun tidak pernah mengajarkan kekerasan apalagi pembunuhan,” ucapnya tegas. 

Senada dengan itu Bupati Melawi, Panji,S.Sos  mengatakan bahwa para pendiri bangsa ini berani melepaskan baju egoisme dan kepentingan golongan untuk kepentingan bersama yaitu persatuan Indonesia yang terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau kemudian mengajak para hadirin untuk jaga NKRI dengan melawan bentuk teror dan gerakan radikal yang mengancam rasa persatuan kita sebagai warga bangsa. "Berkaitan dengan itu, Pemda Melawi akan menyelenggarakan pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan ormas terkait  pada hari Selasa, 15 Mei 2018 untuk merumuskan sikap bersama dalam menghadapi teror bom, bulan suci Ramadhan bahkan situasi masyarakat dalam menghadapi Pilgup 2018, pileg dan pilpres 2019,” terangnya yakin kepada para hadirin.

Pertemuan dilanjutkan dengan dialog para tokoh yang dipandu oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi yang diawali dengan presentasi para narasumber dari Kanwil Kemenag Kalbar, Kapolres dan Dandim. Dialog ini telah menghasilkan pernyataan bersama yang akan dibacakan pada pertemuan para tokoh di Rumah Jabatan Bupati Melawi, 15 Mei 2018. (geby melawi)

Berita: