PUTUSSIBAU-KAPUAS HULU – Keceriaan dan kegembiraan para Santriwan dan Santriwati Madin Plus Jalan Kom Yos Sudarso No. 131 Putussibau,  terlihat ketika 2 orang Penyuluh Non PNS menyetel film dan lagu-lagu Islami di Kelas Mereka.  Mereka adalah Ustadzah Astuti dan Ustadzah Rahmi, jumat (06/10/2017).

Menurut Ustadzah Astuti, kegiatan nonton film dan lagu islami ini adalah agenda mingguan untuk anak, yang diadakan setiap hari jumat setelah shalat ashar.  Kegiatan ini memang telah  terjadwal sebelumnya sebagaimana kegiatan-kegiatan harian lainya. Menonton termasuk dalam kurikulum tambahan di Madin Plus, disamping Kurikulum Pokok yakni Tahsin, Tahfidz dan Pelajaran Diniyah.

Ustadzah Astuti yang akrab di sapa Ustadzah Tuti juga mengatakan, bahwa nonton film dan lagu islami ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan kepada para Santriwan dan Santriwati bahwa, sesungguhnya Media Elektronik tersebut diperbolehkan dalam islam, yang tidak boleh apabila media elektronik digunakan untuk hal-hal yang dilarang.  Adapun tujuanya agar anak-anak lebih dekat mengenal lagu-lagu dan film islami yang syarat dengan pelajaran dan hikmah kebaikan.

Menurut Astuti, dakwah dengan media seperti ini sangat efektif khususnya untuk anak-anak yang nyantri di Madin Plus, karena sebagian besar Santri Madin Plus itu bertipe Audio Visual.  Pola ini sangat membantu dan mendukung daya serap materi para santri, sehingga tingkat penguasaan materi dan peningkatan hafalan mereka cukup memuaskan.

"Dengan pola ini kami merasa enjoy mengajar, apalagi anak-anak sangat menikmati", jelas Ustadzah.

Sebagai Penyuluh kami berkewajiban memberikan yang terbaik baik bagi binaan kami, salah satunya dengan pola yang seperti ini. "Insya Allah kedepan nanti kami akan merencanakan agar semua materi akan dibuat dalam bentuk animasi sehingga tidak monoton dan anak-anak tidak jenuh", tutup Ustadzah kelahiran Malang Jatim. (Ms/Kh).

Berita: