Sungguh membanggakan, peserta utusan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Kota Pontianak, Ny. Erna Usman berhasil meraih Juara I dalam lomba membuat perhiasan dari kain perca yang digelar oleh DWP Kota Pontianak. Lomba yang diikuti oleh DWP Unsur Pelaksana se Kota Pontianak ini dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) DWP ke-19 Tahun 2018.

Sedangkan peserta utusan DWP Kemenag yang lain, yakni Ny. Kamariah Mastur, harus puas sebagai Juara Harapan III. Meskipun Ny. Kamariah Mastur hanya berhasil meraih Juara Harapan III, namun kedua utusan DWP Kemenag Kota Pontianak ini berhasil menyisihkan 20-an peserta lainnya yang merupakan utusan dari DWP Unsur Pelaksana se Kota Pontianak.

Lomba membuat perhiasan dari kain perca berupa kalung tersebut dilaksanakan pada Jumat siang (9/11/2018) di Aula Abdul Muis Bappeda Kota Pontianak. Lomba dinilai oleh tiga dewan juri yang cukup kompeten. Yakni, Ibu Feni dari SMK Negeri 5 Pontianak, Ibu Maya yang merupakan pengusaha sekaligus pengrajin aksesoris, serta Ibu Tina yang merupakan utusan dari PKK sekaligus DWP Kota Pontianak yang memiliki ketertarikan dengan produk daur ulang lokal.

Acara lomba yang berlangsung selama 90 menit ini dimulai pukul 13.45 dan berakhir pukul 15.15 WIB. Meskipun sempat terjadi mati listrik beberapa kali, namun lomba berlangsung lancar dan tertib. Untuk mengganti waktu mati listrik yang sempat terjadi beberapa kali, dewan juri dan panitia sepakat menambah durasi waktu lomba selama 18 menit.

Adapun kriteria penilaian lomba menurut dewan juri ada empat. Pertama, persiapan peserta terkait kelengkapan peralatan dan bahan yang digunakan untuk lomba. Kedua, penggunaan bahan daur ulang (perca, kardus, dan lain-lain) 60 persen dan bahan tambahan tidak lebih dari 40 persen. Ketiga, Tampilan akhir produk aksesoris yang dibuat, meliputi presentasi, kreativitas, pemilihan motif dan keserasian warna, kerapian serta bernilai jual. Keempat, ketepatan waktu tidak lebih dari 90 menit.

Pengumuman pemenang lomba dilakukan pada hari itu juga beberapa saat setelah penilaian oleh dewan juri. Sedangkan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba akan dilaksanakan pada acara puncak peringatan HUT DWP ke-19 di Kota Pontianak. “Untuk waktunya akan diberitahukan kemudian,” kata Ketua Panitia HUT DWP Kota Pontianak, Ny. Lilis Multi Junto di hadapan seluruh peserta lomba.*(sumi/ptk)

Berita: