Setelah 14 hari melaksanakan audit Laporan Keuangan Tahun 2017 di lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar, Kemenag Kota Singkawang dan Pontianak serta IAIN dan STAKatN, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kemenag RI menggelar Ekspos Hasil Audit di Aula 2 Kanwil Kemenag Kalbar, Jalan Sutan Syahrir No. 12, Sabtu, 10 Februari 2018.

Selain dihadiri oleh Tim BPK, hadir pula dalam  kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, Kepala Biro Administrasi Umum Akademi dan Kemahasiswaan (Karo AUAK) IAIN Pontianak, Drs.H.Syahrul Yadi, M.Si, Ketua Sekolah Tinggi Agama Katholik Negeri (STAKatN) Drs. Yosef, Kepala Kankemenag Kota Pontianak dan Kota Singkawang.

Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si menyampaikan terima kasih kepada Tim Audit dari BPK RI yang telah melaksanakan pemeriksaan di beberapa titik di Kalbar. Beliau berharap agar hasil pemeriksaan tersebut menjadi motivasi bagi seluruh Satker dalam upaya perbaikan sistem laporan keuangan kedepan.

“Saya cukup berbangga karena hasil Audit BPK kali ini Alhamdulillah lancar dan tidak ada bentuk laporan diluar peraturan yang ada, walaupun kita sadari masih ada beberapa berkas yang kurang sempurna karena regulasi yang berbeda, namun semuanya dapat dipertangungjawabkan oleh pejabat terkait,” jelas Ridwansyah.

Dengan hasil ini, tentu Kanwil Kemenag Kalbar menjadi salah satu Satker Kemenag yang penyumbang sistem pelaporan keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Inilah harapan Sekjen Kemenag RI saat menyampaikan arahan pada Rakernas Kakanwil se-Indonesia di Jakarta beberapa hari lalu,” imbuhnya.

Selanjutnya Ridwansyah menambahkan bahwa tidak lama lagi kembali datang BPK untuk mengaudit Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU). “Audit ini khusus untuk pemeriksaan segala hal terkait penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah tahun 2017,” jelas Ridwansyah. (Ir-Inmas)

Berita: