Ngabang, Hari Selasa, Tanggal (15/5) Kantor Kementerian Agama melaksanakan kegiatan Evaluasi Anggaran Tahun 2018 dan Penyusunan Anggaran Tahun 2019 dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak di Hotel HANURA, Jln. Raya Ngabang Km.2 dengan mengangkat tema: “CERMAT DALAM MENGKAJI DAN PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN MENGEDEPANKAN PRIORITAS KEBUTUHAN YANG MENGARAH PADA PENERAPAN PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA”

Kegiatan Evaluasi Anggaran Tahun 2018 dan Penyusunan Anggaran Tahun 2019 ini diikuti oleh peserta sebanyak 35 orang terdiri dari para kasi dan penyelenggara, Seluruh Bendahara Pengeluaran di semua Satker dan Madrasah serta para pemegang Aplikasi Keuangan Kabupaten Landak.

Pada Kesempatan ini para peserta dari semua Satker juga di minta untuk melaporkan realisasi anggaran serta mengevaluasi kendala-kendala di setiap Satker masing-masing.

Adapun tujuan dari pelaksanaan evaluasi dan penyusunan anggaran ini diantaranya :

  1. Mengurangi proses atau terulang-ulangnya revisi pada masing-masing Satker.
  2. Meningkatkan jumlah serapan anggaran.
  3. Merumuskan strategi dan kebijakan dalam penyusunan anggaran pada Satker masing-masing di tahun 2019.
  4. Meningkatkan pengawasan dan seluruh komponen dilingkungan Kemenag Kab. Landak agar dapat bersih kerja bersama merealisasikan seluruh rumusan, terutama untuk mengembalikan opini WTT pada laporan keuangan tahun 2018.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut perlu di bangun satu sistem dan koordinasi yang dapat menjawab dan merumuskan strategi terutama untuk mengurangi revisi dan sarapan anggaran agar lebih meningkat, sehingga predikat zero error tercapai dan kedepannya tidak ada lagi satker yang kurang akibat kesalahan dalam penyusunan anggaran, salah memberikan data dan informasi yang mengakibatkan kurang tersedianya anggaran, seperti beberapa kasus di sejumlah satker.

Evaluasi dan penyusunan anggaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak di tahun 2018 ini dibuka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak H. Hasib Arista, M. Pd. I pada pukul 08.30 Wib dan dihadiri oleh Narasumber yaitu Drs. Tukiman, M. Si dari Perencanaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat dan Ardha Wahyu Mahardhika dari KPPN Sanggau.

Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalbar Drs. Tukiman, M. Si, membawakan Materi Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018 dan Penyusunan Anggaran Berbasis Data Tahun 2019.  Sedangkan Ardha Wahyu Mahardhika menyampaikan Materi Mikanisme Pelaksanaan Anggaran dan Tata Cara Revisi.

Dalam sambutanya Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak H. Hasib Arista, M. Pd. I. Menyampaikan bahwa Kementerian Agama merupakan salah satu Kementerian yang memperoleh anggaran besar oleh sebab itu perlu strategi baik dalam hal penyusunan maupun dalam pelaporan. Agar tidak mengalami kesalahan dan kurang tepatnya fungsi anggaran dan tidak tepatnya sasaran. Seperti yang di amanahkan UU No.17 Tahun 2003 tentang Keuangan negara dan UU No.25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang berbasi Kinerja.

Kegiatan ini juga dilakukan berkenaan perkembangan dan perubahan  yang selalu terjadi yang perkenaan dengan tugas pengelola keuangan baik dari sisi regulasi, Aplikasi dan Kebijakan. Karenanya berkaitan dengan anggar ini perlu strategi dalam hal penataan penyusunan anggaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan prioritas di setiap satker juga perlu strategi dalam penggunaan atau pendistribusian, agar bisa sesuai dengan juknis dan regulasi dan bisa di pertanggungjawabkan sehingga bisa sesuai dengan indikator penilaian yang berbasis kinerja. (irvansuri/pendis).

Berita: