Kubu Raya. Keluarga Besar Lembaga Pendidikan Islam Raudhatul Ulum Meranti patut berbangga dan bersyukur. Pasalnya, Gugus Depan Otto Iskandar Dinata – Cut Nyak Dien (02.113-02.114) Pangkalan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Meranti berhasil meraih sederet prestasi dalam kegiatan perkemahan pramuka yang dilaksanakan oleh Gugus Depan Galaherang-Daranante (02.111-02.112) SMA Negeri 1 Sungai Ambawang yang dilaksanakan dari Kamis hingga Ahad (11-14/01).   

Dalam kegiatan tahunan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Gudep Galaherang-Daranante tersebut, Gugus Depan Otto Iskadar Dinata-Cut Nyak Dien atau yang lebih akrab disingkat Gudep Iskandie mengikut-sertakan 1 tim penegak dari MAS Raudhatul Ulum Meranti dan 1 tim penggalang dari MTs Raudhatul Ulum I Meranti. Pada tahun ini, untuk tingkat penegak diikuti oleh 12 gugus depan sedangkan untuk tingkat penggalang diikuti oleh 7 gugus depan yang ada di Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah dan Kota Pontianak.

Untuk lomba tingkat penegak dilaksanakan pada Kamis (11/01). Adapun jenis perlombaan yang diadakan dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah Lomba Kolone Tongkat, Lomba Pionering Menara Terbalik, Lomba Semaphore, dan Lomba Cepat Tepat. Sedangkan untuk lomba tingkat penggalang dilaksanakan dari Kamis (11/01) hingga Ahad (14/01). Di tingkat ini ada 9 jenis perlombaan yang dilombakan diantaranya Lomba Kolone Tongkat, Lomba Semaphore, Lomba Pentas Seni, Lomba Survival, Lomba Tenda Savari, Lomba Hasta Karya, Lomba Pionering Gapura, Lomba Cepat Tepat, serta Lomba Pemilihan Duta GSC.

Dari beberapa cabang lomba tersebut, Tim Penegak Gudep Iskandie berhasil meraih sederet prestasi. Diantaranya berhasil meraih Juara I Lomba Pionering Menara Terbalik, Juara I Lomba Kolone Tongkat, dan Juara II Lomba Semaphore. Dengan demikian, Penegak MAS Raudhatul Ulum Meranti berhasil meraih Juara Umum 1 serta berhak membawa pulang piala bergilir.  Tidak mau kalah, Tim Penggalang MTs Raudhatul Ulum I Meranti juga berhasil meraih sederet prestasi di ajang tersebut. Di antaranya berhasil meraih Juara I Lomba Tenda Savari, Juara I Lomba Pemilihan Duta GSC Putra, Juara II Lomba Kolone Tongkat Putra, Juara II Lomba Hasta Karya Putra, Juara III Lomba Koloni Tongkat Putri, Juara III Lomba Hasta Karya Putri, Juara III Lomba Pionering Gapura, serta berhasil meraih Juara Umum II.

Pembagian hadiah pemenang lomba untuk tingkat penegak dilaksanakan pada Kamis sore dan diserahkan langsung oleh Kak Suryadi selaku Ketua Kwartir Daerah Kalimantan Barat. Sedangkan pembagian hadiah pemenang lomba tingkat penggalang dilaksanakan hari Ahad (14/01).

Kak Badrultamam Rosdi selaku Ka. Mabigus menjelaskan bahwa madrasah selalu mendorong anak didiknya untuk terus berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang positif, tak terkecuali dalam kegiatan pramuka. Menurutnya, melalui kegiatan pramuka para siswa dapat menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman sehingga potensi mereka bisa terus berkembang. Melalui kegiatan pramuka mereka juga bisa meningkatkan solidaritas, memperkuat rasa persatuan serta dapat menanamkan dan membangun nilai-nilai karakter bangsa. (slm.mankr)