Pramuka merupakan salah satu program ekstra kurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa MTsN 2 Melawi. Praja Muda Karana adalah cita - cita mulia untuk membentuk anak bangsa generasi penerus bangsa. Praja Muda Karana memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahu 2014 mengartikan pramuka sebagai suatu proses pendidikan yang dilaksanakan secara menyenangkan oleh anak muda yang berada dibawah tanggung jawab pembina. Untuk pelaksanaannya diluar lingkungan sekolah atau keluarga , sesuai metode, prinsip dasar dan tujuan pendidikan tertentu. Adapun di MTsN 2 Melawi aktif dilaksanakan latihan pramuka pada setiap Jum'at sore.

Dibimbing oleh pembina pramuka Ibu Yusniar, S. Pd dan Ibu Sulistyowati, S. Pd dibantu pembina yang berasal dari alumni MTsN 2 Melawi yang telah menenmpuh pendidikan di jenjang sekolah menengah atas sebagai pramuka penegak. Sedangkan MTsN 2 Melawi merupak pramuka penggalang. Dalam kegiatan pramuka banyak yang dipelajari siswa. Mulai dari keterampilan baris berbaris, bertoleransi, tepa selira, mandiri serta bekerjasama. Begitu banyak manfaat yang didapat dalam proses belajar sambil bermain di lapangan terbuka membuat para siswa menemukan minat dan bakatnya serta mengolah kemampuannya. 

Semangat para siswa mengikuti pramuka terbukti dengan mereka rutin hadir latihan meskipun terkadang cuaca yang kurang mendukung. dengan mengikuti pramuka mereka mendapatkan wadah untuk berkreatifitas dan menyalurkan hobi dan energi mereka ke hal yang positif. Menambah kegembiraan dan melepaskan kepenatan setelah satu minggu belajar dan berkutat dengan rutinitas kegiatan belajar yang padat, sebagaimana diketahui bahwa MTsN 2 Melawi melaksanakan full day school lima hari seminggu. Para pembina dengan telaten membimbing dan mengarahkan para siswa.

MTsN 2 Melawi dengan Gugus Depan 047 Shalahuddin Al Ayyubi dan Gugus Depan 048 Siti Khadijah yang eksis dan kerap mengikuti lomba kepramukaan yang diadakan di Kwartir Cabang Kabupaten Melawi. seperti pada agenda tahunan Andalan Scuot Competition MTsN 2 Melawi selalu muncul sebagai pemenang dan memborong piala. Prestasi yang ditorehkan para siswa sangatlah membanggakan. Pada tahun 2019 lalu mereka berhasil memboyong 8 piala. Hal ini tidak terlepas dari peran para pembina yang dengan sabar membimbing dan melatih para siswa.

Kamad MTsN 2 Melawi Wiwik Setiyorini, S.Ag sangat mengapresiasi dan senantiasa memfasilitasi  keperluan para siswa untuk berkreasi dan mendukung setiap ada perlombaan. Karena bagaimanapun juga membawa nama madrasah ke ajang bergengsi yang diikuti segenap gugus depan yang ada di Kabupaten Melawi. Berkibarlah terus prestasi pramuka MTsN 2 Melawi, kami tunggu prestasi gemilang kalian pada even mendatang. Generasi penerus harapan bangsa. (Okta )