Surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tanggal 5 Pebruari 2020 tentang Gladi UAMBN-BK tahun pelajaran 2019/2020 menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengoptimalisasi persiapan penyelenggaraan UAMBN-BK tahun pelajara 2019/2020. Selain itu, tujuan Kegiatan Gladi ini untuk memastikan aplikasi UAMBN-BK dapat berjalan dengan baik, Infrastruktur dipusat dapat berfungsi dengan baik, infrastruktur dan jaringan dimadrasah sudah tersedia dan berfungsi dengan baik, Proktor, Teknisi dan petugas lainnya memahami prosedur UAMBN-BK, Proktor disiplin dalam prosedur penggunaan aplikasi UAMBN-BK, peserta ujian memahami prosedur penggunaan aplikasi UAMBN-BK, Kanwil Kab/Kota dapat memantau kesiapan madrasah. 

Madrasah sebagai pihak penyelenggara ujian wajib mengikuti Gladi bersih UAMBN-BK. Madrasah juga diberikan pilihan untuk mengikuti pelaksanaan sesuai jadwal yang dikeluarkan. Dalam kegiatan ini siswa di tekankan untuk memahami prosedur pelaksanaan ujian UAMBN-BK dengan baik, sehingga pada saat kegiatan ujian berlangsung siswa tidak lagi mengalami kesulitan.

Kamis, 13 Pebruari 2020 MTs Negeri 1 Ketapang melaksanakan Kegiatan Gladi UAMBN-BK yang diikuti oleh siswa kelas IX yang berjumlah 239 orang. Kegiatan ini menggunakan 2 ruangan, satu ruangan berisi 40 siswa.kegiatan ini dilakukan dalam 3 sesi dan berlangsung selama satu hari. Dalam pelaksanaan Gladi UAMBN-BK ini siswa-siswi MTs Negeri 1 Ketapang menggunakan Android sebagai media/alat ujian. hal ini disampaikan oleh Waka Kurikulum Agus Trinawati,S.Pd