Senin,  05 Maret 2018 seperti biasa rutinitas Senin pagi upacara bendera dilaksanakan di MTsN Nanga Pinoh. Para petugas dan peserta mengikuti dengan khikmat jalannya upacara.

Pembina upacara menyampaikan wejangan dalam amanatnya. Menghimbau kepada para siswa untuk berlatih dan meningkatkan semangat belajar untuk bekal di masa depan.

Ada saatnya nanti para siswa sebagai generasi penerus harapan bangsa mengambil estafet kepemimpinan. Untuk itu haruslah dipersiapkan dari sekarang. Terlebih untuk siswa kelas 9 yang tak lama lagi akan menghadapi ujian nasional. 

Pembina menambahkan karakter dan akhlak juga penting selain prestasi akademik. Manusia haruslah berakal budi, lanjutnya. Karena tanpa akhlak yang baik prestasi akademik tidak akan menjadikan manusia mulia. Akan tetapi dengan akhlak yang baik prestasi akademik akan menunjang seseorang untuk dapat berkiprah dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara. 

Salah satu wahana pembinaan karakter siswa sebagai pembentukan manusia yang berguna adalah salah satunya dengan mengikuti pramuka. 

Gudep MTsN Nanga Pinoh yang terdiri dari dua yaitu putra dan putri. Masing - masing gudep Shalahuddin al Ayyubi untuk putra dan Siti Khadijah untuk putri. 

Gudep dari MTsN Nanga Pinoh ini aktif dan sering meraih juara dalam ajang kompetisi yang diadakan oleh kwartir daerah Kabupaten Melawi. Seperti kali ini Gudep Siti Khadijah meraih juara 2 pionering dalam ASC 2018 yang pelaksanaannya dipusatkan di SMP Muhammadiyah.

Dibimbing guru pembina yang sabar, ulet dan tekun yaitu Ibu Yusniar, S. Pd para siswa pramuka penggalang gudep dari MTsN Nanga Pinoh meraih prestasi demi prestasi. Berkat dedikasi dan loyalitas yang tinggi mengharumkan nama MTsN Nanga Pinoh.

Pada akhir upacara Senin pagi ini dilakukan penyerahan piala secara resmi kepada Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Nanga Pinoh. Selamat kepada Gudep Siti Khadijah. Teruslah berprestasi. Terimakasih kepada para siswa dan guru pembina. Semoga Allah senantiasa meridhoi ikhtiar kita. Aamiin. (Okta)