Dua hari menjelang kedatangan tim auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak tampak ramai dikunjungi para Guru Agama se Kota Pontianak. Baik Guru Agama Islam, Katolik, maupun Kristen. Kedatangan para Guru Agama tersebut guna menandatangani daftar tanda terima Tunjangan Sertifikasi atau Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang pembayarannya telah mereka terima langsung via rekening pada tahun 2017 yang lalu.  

Seperti terlihat pada Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak, sejak Rabu pagi (7/2/2018) Guru PAI Kota Pontianak yang jumlahnya sekitar 350 orang, secara bergantian datang menandatangani daftar tanda terima Tunjangan Sertifikasi yang telah mereka terima pada tahun sebelumnya. Kedatangan Guru PAI PNS dan Non PNS tersebut menurut salah satu Staf JFU pada Seksi PAI (Mustafid), menyesuaikan jam kosong mengajar mereka. Sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah yang bersangkutan.

Pemandangan serupa juga terlihat di Seksi Pendidikan Madrasah. Tampak ratusan guru madrasah yang juga adalah Guru PNS dan Non PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak juga datang untuk menandatangani daftar tanda terima Tunjangan Sertifikasi (TPG), dan Tunjangan Fungsional Guru (TFG). Khusus untuk PNS yang berstatus sebagai PNS Kemenag, yang bersangkutan juga diminta untuk menandatangani Daftar tanda terima Gaji serta daftar tanda terima Uang Lauk Pauk (LP) yang sudah mereka terima via rekening pada tahun 2017 yang lalu.

Daftar tanda terima Tunjangan Sertifikasi, TFG, Gaji dan Uang LP tersebut dipersiapkan untuk kelengkapan berkas pemeriksaan tim auditor Badan Pemeriksa keuangan RI yang akan datang melakukan pemeriksaan di Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak. Menurut jadwal, Tim BPK akan melakukan pemeriksaan di Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak pada Jumat dan Sabtu, tanggal 9 dan 10 Februari 2018.

Sebelumnya, tim BPK RI juga telah melakukan audit di empat satker lainnya sebagai sampel di Provinsi Kalimantan Barat. Yakni Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalbar, STAKatN Pontianak, Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Audit dilakukan dari tanggal 29 Januari 2018 sampai tanggal 11 Februari 2018.*(Sumi/Ptk)

Berita: