Sabtu, 05 Mei 2018 adalah hari yang sangat penting bagi Misnawati,S.Pd. Guru Bahasa Indonesia pada MTsN Nanga Pinoh itu akan melaunching buku perdananya yang sudah digarap selama 3 bulan sejak 20 November 2017 sampai dengan 20 Februari 2018.

Buku yang berisi dongeng dan fabel tentang 15 cerita rakyat daerah Melawi ini difasilitasi oleh IGI Kab. Melawi  yaitu Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Melawi dalam rangka SaguSaku (Satu Guru Satu Buku).

Adapun cerita yang dihimpun oleh penulis berdasarkan cerita lisan yang didengar oleh penulis salah satu diantaranya adalah mengenai legenda tentang asal muasal nama sungai Pinoh. Dan masih banyak legenda dan cerita rakyat lainnya.

Buku ini ditulis oleh Misnawati,S.Pd disela sela kesibukan beliau mengajar disekolah maupun di rumah dan disamping usaha yang dijalankannya. Ibu tiga orang anak ini mengaku meluangkan waktu dimalam hari untuk mengerjakan penyelesaian buku ini. Dan tak jarang dilakukan beliau saat dalam perjalanan.

Kegigihan beliau berbuah manis dengan terbitnya buku ini yang ada edisi pertama ini dicetak sebanyak 50 eksemplar. Dan antusias yang didapatkan sangatlah membanggakan yaitu sebelum launching saja sudah terjual 20 eksemplar, kemudian berlanjut saat launching.

Buku ini diharapkan memperkaya referensi untuk para siswa dan dapat dijadikan bahan ajar untuk pelajaran bahasa Indonesia. Ini juga dapat melestarikan budaya bangsa dan kearifan lokal.Agar para siswa mengenal budaya daerahnya.

Penulis berharap suatu hari ingin bertemu dengan penulis ternama dan menambah karyanya. Guru mulia karena karya. Kepala Madrasah H. Sugeng, S.Ag mengapresiasi kemampuan guru - guru yang punya keinginan dan kemampuan untuk mengembangkan diri mereka dengan memberikan dukungan dan memotivasi mereka untuk menggali potensi yang ada.

Diharapkan kedepannya dapat menjadi inspirasi untuk guru - guru lainnya mengembangkan karya dan menuangkan ide dan pemikirannya ke dalam sebuah buku.

Acara launching buku ini dihadiri oleh Bupati Melawi beserta istri dan Wakil Bupati Melawi. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi Joko Wahyono dan seluruh guru dan siswa di Kabupaten Melawi. Acara yang bertempat di area kolam renang dan outbond Kurnia Waterpark Melawi itu berlangsung semarak dan meriah. Antusias siswa dan warga Melawi bahkan di luar Melawi tampak dengan membludaknya pengunjung. Acara tersebut sukses dan diharapkan mampu meningkatkan minat baca dikalangan siswa. 

Semoga akan terus keluar karya dari para guru pendidik generasi penerus bangsa. Madrasah Hebat. Madrasah bermartabat. (Okta)