Meskipun batas waktu penyerahan berkas sebagai syarat untuk pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau Tunjangan Sertifikasi sudah berakhir tanggal 17 September 2018, namun masih ada saja Guru PAI Kota Pontianak yang belum menyerahkan berkas. Seperti terlihat pada Selasa (18/9/2018), staf pada Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kemenag Kota Pontianak masih menerima kedatangan Guru PAI yang menyerahkan berkas dengan berbagai alasan.

Salah satu alasan mereka terlambat menyerahkan berkas adalah karena belum melakukan penginputan jam mengajar pada Simpatika (Sistem Informasi Manajemen PTK Kemenag). Sehingga status yang bersangkutan belum layak sebagai penerima tunjangan sertifikasi pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Supaya yang bersangkutan statusnya menjadi layak, Guru PAI yang bersangkutan diminta untuk melakukan penginputan jam mengajar terlebih dahulu.

Setelah melakukan penginputan jam mengajar, kemudian yang bersangkutan diminta mencetak dan menyampaikan S28 (Surat Pengajuan Riwayat Mengajar PTK) kepada admin Simpatika Kemenag guna mendapat persetujuan. Hal tersebut perlu dilakukan agar status Guru PAI yang bersangkutan menjadi layak sebagai penerima Tunjangan Sertifikasi atau Tunjangan Profesi Guru pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Terkait penyerahan berkas sertifikasi, sejak tanggal 3 September 2018, Pelaksana pada Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak sibuk melayani Guru PAI yang datang silih berganti. Kedatangan Guru PAI tersebut terkait dengan penyerahan berkas sebagai syarat untuk pencairan Tunjangan Profesi Guru Periode Juli sampai September 2018. Kedatangan guru PAI tersebut dilayani langsung oleh tiga pelaksana pada Seksi PAI yakni Mustafid, Sumiati dan Eka Susanti.

Jika berkas yang disampaikan sudah lengkap, maka Guru PAI yang bersangkutan dipersilahkan untuk menghadap Kepala Seksi PAI (Drs. H. Ahmad Hanafi, M.Si) guna mendapatkan Tanda Tangan. Kemudian setelah semuanya selesai, guru yang bersangkutan diminta untuk mengisi daftar sebagai bukti telah menyerahkan berkas TPG.*(sumi/ptk)

Berita: