Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sekadau memfasilitasi pertemuan Tokoh Agama,  tokoh masyarakat tingkat Kecamatan Nanga Mahap. Sebanyak 15 peserta mengijuti Kegiatan yang digawangi Kesbangpol Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau. Berlangsung di aula kantor Camat Nanga Mahap acara di hadiri Ketua FKUB Kabupaten Sekadau Paulus Lion, Staf ahli Bupati, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau H. Darohman,S.Ag. M.Si, Kepala KUA Nanga Mahap Sigit Eliyadi,S.Sos.i.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau H. Darohman, S. Ag. M. SI mengatakan FKUB merupakan forum yang melibatkan semua unsur yang ada di masyarakat. Kegiatan FKUB akan di laksanakan di setiap kecamatan se Kabupaten Sekadau. Berikutnya Darohman mengharapkan peserta yang hadir mengamalkan ajaran agama sesuai dengan keyakinan masing-masing. Kementerian Agama lanjutnya berperan menjaga Trilogi kerukunan di antaranya kerukunan intern umat beragama, kerukunan antar umat beragama,  kerukunan umat beragama dengan pemerintah. 

"Perlu penyamaan persepsi dalam menjaga kerukunan umat beragama. kerukunan umat beragama harus diupayakan bersama oleh segenap elemen bangsa yang sadar akan pentingya pembagunan karakter dan budaya rukun. FKUB salah satu tugasnya  mencegah bukan memadamkan,  karena kalau sudah terbakar hangus maka sangat sulit memadamkannya. Mari menjaga, membangun kerukunan dan toleransi di Kabupaten Sekadau," ajaknya. 

Sementara Staf Ahli Bupati Sekadau menyampaikan tugas dan fungsi kemenag dan menteri dalam negeri yang termuat dalam SKB tiga menteri.  Kegiatan sebagai bentuk pemeliharaan kerukunan, FKUB lahir dari masyarakat, pemerintah hanya sebagai fasilitator. Mengenai kondisi kerukunan umat beragama di Kabupaten sekadau sangat kondusif.  Hal itu tentu menguntungkan pemerintah dalam memajukan semua sektor pembangunan. 

"Tugas FKUB bagaimana menjaga kerukunan antar umat beragama sesuai dengan trilogy kerukunan. Forum Kerukunan umat Beragama yang selanjutnya disebut FKUB merupakan forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.Forum Kerukunan Umat Beragama mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, standarisasi dan bimbingan teknis serta evaluasi di bidang kerukunan umat beragama seperti melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat, menampung aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat," ucapnya.

Lebih Lanjut disampaikan pula bahwa FKUB juga melakukan sosialiasasi peraturan perundang – undangan dan kebijakan dibidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat. Dalam menyelenggarakan tugasnya, Forum Kerukunan Umat Beragama menyelenggarakan, Perumusan kebijakan di bidang pembinaan lembaga kerukunan agama dan lembaga keagamaan, harmonisasi umat beragama, dan bimbingan umat.(Andre) 

Berita: