Dalam rangka melihat persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kepala Kantor Kemenag Sekadau H. Darohman, S. Ag. M. Si meninjau persiapan di MAN sekadau, Rabu (14/2/2018).  H. Darohman berharap para siswa di bimbing agar terbiasa mengisi soal menggunakan komputer. "Bukan hanya teori yang di berikan tapi praktek juga di bimbing agar saat UNBK siswa bisa menggisi soal," ucapnya. 

Kepala MAN sekadau Drs. muslih mengatakan mengenai komputer pihak MAN telah siap melaksanakan UNBK. Mengenai komputer sementara ini cukup termasuk server juga telah di siapkan. Komputer di katakan Muslih karena keterbatasan sarana prasarana masih belum lengkap sehingga sementara ini masih meminjam dari beberapa sekolah lainnya. 

Sistem UNBK nanti akan menggunakan dua sesi, jika menggunakan tiga sesi maka ujian akhir berakhir malam hari. Permasalahan lainnya jika nanti mati lampu, maka siswa yang mengikuti UNBK akan  mengisi ulang kembali soal. 

Soal yang di ujian pada UNBK sesuai jurusan jika IPA jurusan Ilmu Pengetahuan alam (IPA) mapel yang diujikan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan 1 (mapel) pilihan jurusan (Biologi, Fisika, Kimia). Sedangkan mapel pilihan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Dengan Lama ujian selama 4 hari, terangnya.(Andre)