MEMPAWAH_Setelah dilantik oleh Menteri Agama RI melalui Kepala Biro Kementerian Agama RI di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 9 Oktober 2017, H. Kamaludin, S.Pd.I resmi sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah menggantikan Ibu Dra. Hj. Isriyah yang bertugas ditempat baru sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

Berdasarkan data yang diperoleh, H. Kamaludin merupakan putra dari Bapak H. Hamidi dan Ibu Hj. Sahara, kelahiran Seranggam, 1 Januari 1972 dan telah dianugerahi 1 Isteri dan 3 orang anak. Dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI dengan jabatan lama yaitu sebagai Kepala Subbag Tata Usaha selanjutnya diangkat menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah.

Pendidikan Sekolah Dasar ia selesaikan pada Tahun 1985 yaitu di SDN Seranggam Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas, pada Tahun 1988 menyelesaikan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah sekaligus Pondok Pesantren Ushuluddin Singkawang di bawah Asuhan/Pimpinan K.H. Bujang Rasnie, BA, Pendidikan PGAN Pontianak selesai pada Tahun 1991, S1 Pendidikan Agama Islam Pontianak selesai pada Tahun 2009, dan  terakhir S2 Administrasi Pendidikan UNTAN selesai pada Tahun 2017.

Tugas pertama kali sebagai Guru MIN Sui Bakau Besar Laut, selanjutnya pada Tahun 2003 pindah sebagai Guru MIN Galang Kecamatan Sungai Pinyuh, beberapa tahun berikut yakni pada Tahun 2003 dipercayai sebagai Kepala MIN Galang, pada Tahun 2006 diamanahkan sebagai Kepala Seksi Mapenda pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pontianak saat itu, selama 7 tahun lamanya, selanjutnya pada tahun 2013 diamanahkan sebagai Kepala Subbag Tata Usaha.

Selain rekam jejak tersebut diatas, ia juga telah ditempa dengan beberapa pengalaman organisasi, salah satunya adalah pengalaman di organisasi Islam yaitu Nahdlatul Ulama, sampai saat ini ia diberikan kepercayaan sebagai Katib Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Mempawah, dimana K.H. Syafi’ie Razali selaku Rais Syuriahnya, selanjutnya sebagai Penasihat Kepengurusan GP Anshor Kabupaten Mempawah, dan selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Mempawah .

Selain aktif di pengurusan Organisasi Islam, ia juga turut berperan aktif di kepengurusan Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mempawah, dimana K.H. Tusirana Rasyid sebagai ketuanya, LPTQ Kabupaten Mempawah, dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah. Dengan pengalaman-pengalaman tersebut diatas, telah menjadikannya sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran dalam menjalankan roda Kepemimpinan, baik di Kementerian Agama maupun kegiatan kemasyarakatan.

“Jabatan adalah amanah yang menunjukan tugas dan tanggungjawab untuk menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan tepat pada waktunya, serta berani menanggung resiko atas keputusan yang diambil, dan harus berorientasi untuk mendukung pelaksanaan tugas dalam rangka pencapaian Kinerja, sementara 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI juga harus menjadi prioritas yang harus dimaknai dan diterapkan oleh semua ASN”, ucap Kamaludin usai dilantik.

Kamaludin berharap dukungan penuh dari semua unsur maupun stakholder yang ada di wilayah Kabupaten Mempawah, seperti Pemerintah Daerah, Organisasi Islam, Organisasi Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Lintas Instansi Vertikal, agar terjalin hubungan yang harmonis, walaupun penuh dengan Keberagaman Agama, Adat, Budaya, dan Sosial Kultural. “Tanpa dukungan semua tersebut diatas, tidak mungkin bisa melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik”, ucapnya.

“Memimpin bukanlah hal yang mudah, apalagi Kementerian Agama yang terdiri dari banyak Satker. Di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Mempawah Satkernya cukup banyak, mulai dari MAN, MTsN, MIN dll, oleh sebab itu dukungan dari berbagai kalangan terutama jajaran pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Mempawah sangat diharapkan, agar roda organisasi tetap berjalan dengan baik.

Seluruh jajaran ASN di Kementerian Agama Kabupaten Mempawah mengucapkan selamat atas dilantiknya Bapak H. Kamaludin sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, selain itu, ucapan selamat juga dihaturkan kepada Ibu Dra. Hj. Isriyah yang pindah tugas sebagai Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. (Rudi_Mpw).

Berita: