Sambas – MIN Sekuduk. Kompetensi guru berperan penting terhadap prestasi murid. Jika ingin melihat murid berprestasi, maka tingkatkan dulu kompetensi gurunya. Untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas guru, MIN Sekuduk adakan Kegiatan KKG dengan Tema “Mendongkrak Kemampuan Guru Melalui KKG“ dengan berbagai program pelatihan. Bekerja sama dengan pemerintah setempat, sabtu (3/02).

Salah satu kegiatan baru ini dilaksanakan adalah Pelatihan Kelompok Kerja Guru (KKG) diMIN Sekuduk, Kecamatan Sejangkung Kab. Sambas bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kecamatan Kecamatan Sejangkung.

Dalam sambutannya Kepala MIN Sekuduk Hamdah Mengatakan Lebih dari 50 guru hadir dalam pelatihan ini. Mereka tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan pelatihan, di antaranya evaluasi proses pembelajaran yang sudah mereka jalankan dan pengembangan media pembelajaran sederhana untuk mendukung proses belajar aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

Kepala UPT Dinas Pendidikan Kec. Sejangkung Abdul Gafar, S.Pd Mengatakan bahwa kegiatan ini juga melibatkan beberapa guru yang telah dilatih untuk menjadi fasilitator lokal. "Peserta diajak untuk mengidentifikasi hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan didalam kelas. Dari hasil evaluasi ditemukan bahwa kemampuan dalam mengembangkan media pembelajaran dan penilaian proses belajar masih perlu ditingkatkan. Hasil inilah yang menjadi dasar pembahasan dalam pelatihan KKG ini,” katanya

“Pelatihan ini telah menyadarkan saya, yang selama ini saya berpikir bahwa saya sudah maksimal dalam menyampaikan proses pembelajaran di kelas dan ternyata masih jauh dari yang diharapkan,” ujar Ibu Irma Suryani Guru MIN Sekuduk.

“Di sini saya termotivasi untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan sehingga pelaksanaan pembelajaran di kelas saya lebih kontekstual dan berkesan bagi murid saya. Kegiatan ini juga membekali saya untuk mempersiapakan proses pembelajaran dengan baik, mengelola kelas secara efektif, mengembangkan media pembelajaran sederhana, dan melakukan penilaian pembelajaran dengan tepat,” tambah Ibu Irma.(ded)