Bertempat di Masjid Baitul Karim Jalan Rasau jaya Kubu Raya, Sabu, 17/6/2017 Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar didampingi oleh Kepala Bidang penerangan Agama Islam melaksanakan kegiatan Silaturrahim dan Safari Ramadhan tahun 1438 H.

Kedatangan rombongan Safari dari Kanwil Kemenag Kalbar disambut oleh Kepala subbag TU Kemenag Kab. Kubu Raya Drs. Mujib beserta tokoh agama dan pengurus Masjid Baitul Karim di pintu masuk Masjid.

Acara Safari diawali dengan Taushiyah yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Drs. H. Ramli M Said dan dilanjutkan dengan Buka Puasa bersama dengan jamaah dan masyarakat setempat.

Dalam Taushiyahnya Ramli menjelaskan bahwa saat ini seluruh umat Islam melaksanakan Ibadah Puasa dan telah memasuki 10 hari  terakhir, oleh karena itu beliau mengajak seluruh jamaah yang hadir  untuk memaksimalkan waktu yang masih tersisa  dibulan Ramadhan ini dengan amaliyah wajib maupun sunnah.

“Kesungguhan dalam melaksanakan Ibadah pada 10 terakhir dibulan Ramadhan telah dicontohkan oleh rasulullah, SAW, oleh karena itu sebagai hamba yang beriman kepadanya maka wajib bagi kita untuk meningkatkan amal ibadah dengan i’tikaf, tahajjud, tilawatil Qur’an, berdzikir dan ibadah lainnya untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kakanwil Kemang Prov. Kalbar Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si juga menyampaikan ceramah agama usai shalat Isya menjelang tarawih. Dalam uraiannya Syahrul Yadi menjelaskan bahwa hakikat puasa yang sebenarnya adalah bagaimana kita mampu mengendalikan hawa nafsu kita sehingga terbangun sifat-sifat ketaatan dan sifat sosial dalam kehidupan kita sehari-hari.

Lanjutnya suasana kehidmatan dalam  beribadah yang sudah berjalan puluhan tahun jangan sampai terpengaruh dengan faham-faham radikal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan umat Islam, oleh karena itu kita harus waspada terhadap masuknya aliran dan pemahaman yang mengarah kepada perpecahan umat. (Ir-Inmas)

Berita: